Mau Memotret Super Blue Blood Moon dengan Smartphone? Ini Tipsnya

Tak perlu berkecil hati jika tak memiliki kamera DSLR karena smartphone pun bisa digunakan untuk menjepret super blue blood moon.

POS-KUPANG.COM - Malam ini, Rabu (31/1/2018), Bulan di langit akan menunjukkan tiga fenomena sekaligus, yaitu super moon, blue moon, dan gerhana bulan. Oleh karena itu, Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) menamainya sebagai " super blue blood moon".

Masyarakat Indonesia juga bakal bisa menyaksikan fenomena langka yang terjadi karena Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garus lurus tersebut.

Untuk mengabadikan super blue blood moon, idealnya memakai kamera DSLR atau mirrorless dengan lensa telefoto untuk menghasilkan foto bulan berukuran besar seperti di atas.

Namun, tak perlu berkecil hati jika tak memiliki perangkat tersebut karena smartphone pun bisa digunakan untuk menjepret super blue blood moon.

Kuncinya, menurut fotografer senior NASA, Bill Ingall, adalah memadukan Bulan dengan lingkungan sekitar, termasuk foreground (latar depan) yang menarik.

Jangan memotret hanya bulan saja tanpa ada obyek lain. "Misalnya, bisa di lingkungan perkotaan yang sedikit terang," ujar Ingall di laman NASA.

Latar depan bisa berupa obyek-obyek menarik, seperti misalnya landmark setempat untuk menunjukkan lokasi pengambilan gambar super blue blood moon.

Apal lagi yang bisa dilakukan agar hasilnya lebih maksimal?

Simak tips memotret super blue blood moon dengan smartphone Android dan iPhone, yang dirangkum KompasTekno dari Daily Mail berikut ini.

Menggunakan iPhone

Halaman
123
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved