Pilkada Nagekeo

KPU Nagekeo Sosialisasi Dana Kampanye, Ini yang Terjadi Jika Lampaui Plafon yang Ditentukan

Kegiatan yang berlangsung di Kantor KPU Nagekeo itu dihadiri oleh penghubung pasangan calon, kecuali Paket Garda.

KPU Nagekeo Sosialisasi Dana Kampanye, Ini yang Terjadi Jika Lampaui Plafon yang Ditentukan
POS KUPANG/ADIANA AHMAD
Sosialisasi dana kampanye oleh dua Komisioner KPU Nagekeo kepada para penghubung pasangan Cabup-cawabup Nagekeo di Kantor KPU Nagekeo,Senin (29/1/2018). 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | MBAY - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nagekeo, Senin (29/1/2018), melakukan sosialisasi pelaporan dana kampanye untuk Pilkada Serentak Tahun 2018.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor KPU Nagekeo itu dihadiri oleh penghubung pasangan calon.

Dari lima pasangan calon, hanya empat pasangan calon yakni, yakni PAKAR, EVAS, PAS dan YES yang mengirim wakilnya hadir dalam kegiatan tersebut. Sedangkan Paket Garda absen.

Dalam kegiatan tersebut, Anggota KPU Nagekeo, Quirinus Eleuterius mengatakan laporan dana kampanye merupakan sebuah kewajiban sesuai amanat PKPU Nomor: 5 tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota.

"Laporan dana kampanye itu penting karena diamanatkan oleh regulasi. Mulai dari pengelolaan dana kampanye, sumber dana kampanye dan auditnya, alat peraga kampanye. Apalagi pengadaan alat peraga kampanye, melalui tender di ULP Provinsi NTT. Sementara desain dari paket calon," kata Anggota KPU Nagekeo," Yohanes Baptista Lagho.

Penghubung pasangan cabup-cawabup Nagekeo ikut sosialisasi dana kampanye oleh dua Komisioner KPU Nagekeo di Kantor KPU Nagekeo,Senin (29/1/2018).
Penghubung pasangan cabup-cawabup Nagekeo ikut sosialisasi dana kampanye oleh dua Komisioner KPU Nagekeo di Kantor KPU Nagekeo,Senin (29/1/2018). (POS KUPANG/ADIANA AHMAD)

Sementara Quirinus Eleuterius mengatakan, dana kampanye meliputi uang, barang dan jasa yang digunakan pasangan calon dan/atau partai politik atau gabungan partai politik yang mengusulkan pasangan calon untuk membiayai kegiatan pemilihan.

Pria yang biasa disapa Teri ini mengatakan, dana kampanye berupa uang disimpan dalam rekening khusus yang terpisah dari rekening pasangan calon.

Sumber dana kampanye pasangan calon yang diusung partai politik, jelas Teri, bisa berasal dari partai politik (parpol) atau gabungan partai politik, pasangan calon, parpol atau gabungan parpol pengusung, sumbangan dari pihak lain yang menurut hukum sah ( perseorangan, kelompok atau badan hukum swasta).

Sedangkan dana kampanye pasangan perorangan berasal dari pasangan calon, sumbangan yang sah menurut hukum, dari pihak lain.

Halaman
12
Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved