Ini Sapaan Baru AKBP Yandri Irsan Saat Jadi Warga Kehormatan Belu

Setelah mengakhir masa tugas sebagai Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan mendapat gelar kehormatan seperti ini

Ini Sapaan Baru AKBP Yandri Irsan Saat Jadi Warga Kehormatan Belu
Pos Kupang/Edy Bau
AKBP Yandri Irsan sebagai warga kehormatan Belu pada acara malam pisah sambut kapolres Belu di Hotel Matahari Atambua, Selasa (23/1/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Bau

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Bupati Belu Willybrodus Lay menobatkan mantan Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan yang saat ini telah menjadi Wakil Direktur (Wadir) Reserse dan Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda NTT sebagai warga kehormatan Belu.

Penobatan ini dilakukan Bupati Willy dalam acara malam pisah sambut Kapolres Belu dari AKBP Yandri Irsan kepada AKBP Christian Tobing di Hotel Matahari Atambua, Selasa (23/1/2018) malam.

Dikatakannya, penobatan ini sebagai bentuk penghargaan kepada AKBP Yandri yang telah mengabdi secara baik selama bertugas di Belu.

Menurutnya banyak prestasi yang patut diapresiasi yakni menjadikan Polres Belu masuk peringkat III nasional serta kegiatan-kegiatan lain yang telah mengangkat nama Belu.

"Sebagai warga kehormatan Belu. Ama Nai ini bukan raja tapi bentuk penghargaan," kata Bupati Willy.

Usai mengatakan itu, Bupati Willy lantas mengundang AKBP Yandri dan isterinya untuk dipakaikan pakaian kebesaran sebagai warga kehormatan.

Kepada AKBP Yandri, Bupati mengikatkan kain adat (tais), ikat pinggang dari selendang, tas tempat siri khas Belu yang dilapisi uang perak (kakaluk osan), mengalungkan uang perak (belak) dan terakhir mengenakan destar (lesu) pada kepala.

Bupati Willy terlihat cekatan dan terampil saat memakaikan atribut kebesaran tersebut. Sementara AKBP Yandri hanya senyum sumringah sembari membiarkan dirinya dipakaikan atribut tersebut.

Tepuk tangan hadirin dan undangan membahana usai prosesi pengenaan atribut itu.

Bupati Willy mengatakan, selama sembilan bulan bertugas di perbatasan, AKBP Yandri telah bekerjasama dengan pemerintah daerah Belu secara baik, karena itu dia meminta agar meski tidak lagi bertugas di Belu tapi jangan sampai melupakan Belu. Di manapun bertugas, kata Bupati Willy, AKBP Yandri merupakan warga Belu.

Dan kepada AKBP Christian Tobing, Bupati Willy mengucapkan selamat datang dan selamat bekerja di wilayah berbatasan RI-RDTL.

AKBP Yanri Irsan pada kesempatan itu mengatakan, belum bisa melakukan banyak hal namun apa yang telah dilakukan selama ini bukan semata-mata hasil kerja keras polisi tetapi dibantu seluruh elemen masyarakat.

"Apa yang sudah kami lakukan bukan jerih payah kami sendiri tetapi dibantu rekan-rekan perwira, anggota TNI, tokoh agama dan tokoh masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, Polres Belu adalah polres terdepan di beranda negara dan menjadi etalase negara sehingga harus lebih baik dari polres lainnya. (*)

Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved