Ini Manfaat Dari Bansos Rastra Versi Ketua Panitia Sosialisasi

Ternyata, pemberian Bansos Rastra di tahun 2018 ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran

Ini Manfaat Dari Bansos Rastra Versi Ketua Panitia Sosialisasi
Pos Kupang/Yeni Rachmawati
Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warha kota, di Ruby Room On the Rock Hotel, Rabu (24/1/2018) 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Ketua Panitia Sosialisasi Bantuan Sosial Rastra kota Kupang Tahun 2018, Felisberto Amaral, mengatakan pemberian Bansos Rastra di tahun 2018 ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran, meningkatkan akses masyarakat dan rentan melalui pemenuhan kebutuhan pangan pokok yang menjadi hak dasar masyarakat.

Sedangkan manfaat dari Bansos Rastra ini adalah peningkatan ketahanan pangan di tingkat KPM, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, stabilisasi harga beras di pasaran dan mengendalikan inflasi melalui intervensi Pemerintah dan menjaga stok nasiomal dan daerah.

Felisberto menyampaikan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Rastra di kota Kupang tahun 2018 berjumlah 13.740 dengan perincian, Kecamatan Alak sebanyak 3.334 KPM, Maulafa, 2.983 KPM, Oebobo, 2.472 KPM, Kota Lama, 803 KPM, Kota Raja, 1.705 KPM dan Kelapa Lima 2.443 KPM.

Total jumlah kilogram beras yang disalurkan tiap bulan, lanjutnya, sebanyak 137.400. Sedangkan jumlah kilogram beras yang akan disalurkan kepada masyarakat selama enam bulan ke depan sebanyak 824.400 kilogram beras.

"Kami menghitung hanya enam bulan karena pada bulan Juli yang akan datang penerima Bansos Rastra saat ini akan ditransformasikan ke dalam bantuan pangan non tunai setiap KPM akan menerima Rp 110.000 per bulan dalam bentuk Kartu Kombo yang dapat digunakan untuk belanja di 20 E-Warung yang merupakan bantuan Kementerian Sosial, yang saat ini sudah beroperasi secara manual," ujarnya.

Pada Sosialisasi ini juga diserahkan Bansos Rastra secara simbolis kepada tiga warga kota. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved