Wajib Dipahami Orang Tua, Umur Ideal Anak Belajar Musik

Musik diyakini membawa segudang manfaat. Banyak orang tua yang mulai memperkenalkan anaknya dengan musik sejak dini

Wajib Dipahami Orang Tua, Umur Ideal Anak Belajar Musik
yacobchuk
yacobchuk Mendengarkan musik membuat kita lebih bergairah 

POS-KUPANG.COM|JAKARTA--Musik diyakini membawa segudang manfaat. Banyak orang tua yang mulai memperkenalkan anaknya dengan musik sejak dini, bahkan memfasilitasinya dengan kursus musik.

Lalu, sebetulnya berapa umur ideal anak untuk belajar musik?

Musisi dan Komposer ternama Erwin Gutawa mengatakan, tak ada umur yang pasti untuk anak belajar musik. Belajar musik menurutnya perlu dilakukan sedini mungkin, namun ada banyak faktor penentu.

Ilustrasi anak bermain musik
Ilustrasi anak bermain musik ((DragonImages))

"Sedini mungkin, namun tergantung instrumennya, motorik," kata Erwin di sela peresmian Erwin Gutawa Music School, Jalan Suryo No. 19, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018).

Ada beberapa alat musik yang bisa dimainkan anak sejak dini. Misalnya, drum, alat musik yang mampu merangsang syaraf motorik anak hampir pada seluruh bagian tubuh.

Gadis pemain drum
Gadis pemain drum (youtube)

Anak juga cenderung menganggap drum seperti mainan. Namun, biasanya anak cenderung belajar instrumennya terlebih dahulu, belum masuk kepada notasi.

"Kayak drum. Kita tahu kalau harmoni, notasi itu belakangan. Anak kecil cepat (belajar drum) itu. Karena kayak mainan," ujarnya.

Penampilan maestro biola, Idris Sardi, pada peluncuruan buku biografinya berjudul
Penampilan maestro biola, Idris Sardi, pada peluncuruan buku biografinya berjudul "Idris Sardi, Perjalanan Maestro Biola Indonesia" karya Fadli Zon di Jakarta, Selasa (23/10/2012). Peluncuran buku ini sekaligus menandai hampir enam puluh tahun Idris Sardi berkarya. (Kompas.com)

Menurut Erwin, pada umumnya anak belajar bermain musik pada usia 5 tahun. Meskipun umur tersebut terbatas pada alat musik tertentu.

Beberapa alat musik tak mudah untuk dijangkau oleh anak-anak karena ukuran atau berat alatnya. Erwin mencontohkan alat musik gitar atau bass, dimana cukup sulit dibawa oleh anak di bawah 5 tahun.

"Tapi ada lho yang main violin 3 tahun karena alatnya ringan. Jadi tergantung. Tapi rata-rata 5 tahun," ucap pria kelahiran 16 Mei 1962 itu.

Piano Steinway & Sons.
Piano Steinway & Sons. (Leah McLennan/Australia Plus)

Adapun salah satu media yang bisa digunakan anak untuk merangsang bakatnya pada bidang musik adalah melalui sekolah musik.

Dari sekolah musik yang dibentuknya, Erwin memiliki banyak harapan. Salah satunya mencari bakat-bakat muda dari sekolah tersebut.

Elisabeth Merryati Lase asal Nias yang pandai memainkan alat musik sasando
Elisabeth Merryati Lase asal Nias yang pandai memainkan alat musik sasando (Pos Kupang/Andri Atagoran)

Pihaknya menyediakan banyak pilihan alat musik. Ia meyakini, anak-anak punya kesempatan yang luas untuk belajar di sekolah musik.

"Kalau vokal bisa buat kuartet anak-anak, misalnya. Bisa band, jazz trio misalnya. Akan sangat memungkinkan. Tidak hanya ensemble, banyak ide yang kita bisa kembangkan," kata peraih 33 piala Anugerah Musik Indonesia (AMI) itu.(*)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved