Perpanjang Masa Jabatan Direksi Bank NTT, Gubernur NTT Dinilai Melanggar Aturan

Pemegang saham dapat juga mengambil keputusan yang mengikat di luar RUPS dengan syarat semua pemegang saham menyetujui

Perpanjang Masa Jabatan Direksi Bank NTT, Gubernur NTT Dinilai Melanggar Aturan
Net
Bank NTT

Laporan Wartawan POS-KUPANG. COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG  - Anggota Komisi III DPRD Provinsi NTT, Angelino da Costa menilai langkah Gubernur NTT memperpanjang masa jabatan direksi Bank NTT melanggar aturan.

Angelino yang dihubungi pada Rabu (3/1 /2018) malam mengatakan sesungguhnya langkah yang dilakukan Gubernur NTT secara sadar, tahu dan mau, namun sangat disayangkan karena secara substansi melanggar UU 40/2017 dan sejumlah peraturan lainnya, yakni AD ART Bank NTT, Peraturan Bank Indonesia, Peraturan OJK RI serta Surat Edaran OJK RI.

Menurutnya, argumentasi Gubernur bahwa keputusan yang diambil semata-mata untuk penyelamatan Bank NTT karena terjadi kekosongan jabatan direksi, sesungguhnya bisa dilakukan dan diterima, kalau dijalankan sesuai mekanisme sebagaimana amanat Pasal 91 UU 40 Tahun 2007, yang berbunyi: pemegang saham dapat juga mengambil keputusan yang mengikat di luar RUPS dengan syarat semua pemegang saham dengan hak suara menyetujui secara tertulis dengan menandatangani usul yang bersangkutan.

Angelino mengatakan sebagaimana amanat Pasal 91 UU 40 Tahun 2017 tersebut, maka langkah yang diambil oleh Gubernur adalah suatu perbuatan melawan hukum, karena tidak disetujui oleh seluruh pemegang saham, hanya Walikota Kupang, Bupati Kupang, Bupati Sikka dan Bupati Sumba Barat.

Keputusan ini adalah keputusan yang cacat dan batal demi hukum.

Untuk menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di Bank NTT, Komisi III DPRD NTT akan segera mengagendakan RDP dan atau Rapat Kerja untuk meminta klarifikasi baik dari Direksi, Komisaris Bank NTT maupun OJK RI Perwakilan NTT. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved