Partai Garuda Lolos Verifikasi Faktual KPU, Begini Reaksi Ketua Umumnya

Lolosnya Partai Garuda pada verifikasi faktual setelah KPU Pusat mengecek secara langsung seluruh persyaratan yang telah ditentukan.

Partai Garuda Lolos Verifikasi Faktual KPU, Begini Reaksi Ketua Umumnya
tribunnews
Pengurus DPP Partai Garuda 

POS-KUPANG.COM |  JAKARTA - Partai ‎Gerakan Perubahan Indonesia atau Partai Garuda telah dinyatakan lolos verifikasi faktual di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Lolosnya Partai Garuda pada verifikasi faktual setelah KPU Pusat mengecek secara langsung seluruh persyaratan yang telah ditentukan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengatakan, pihaknya mensyaratkan Parpol harus lolos tiga komponen yang telah ditentukan.

Komponen pertama adalah kebenaran pengurus inti partai terdiri dari Ketua Umum, Sekjen dan Bendahara Umum, kedua soal keterwakilan 30 persen perempuan di kepengurusan pusat dan ketiga soal domisili kantor.

"Dari tiga item itu partai Garuda memenuhi syarat," kata Arief di kantor DPP Partai Garuda, Jakarta, Senin (1/1/2017).

Arief menuturkan, selain di tingkat DPP, verifikasi faktuaal juga dilakukan di tingkat daerah. Menurutnya, kewenangan KPU daerah yang melakukan verifikasi faktual tersebut.

"‎Berikutnya ada verifikasi di 34 provinsi dan verifikasi sekurang-kurangnya 75 persen kabupaten/kota di seluruh Indonesia," tuturnya.

Beryukur

Ketua Umum Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana‎ bersyukur partai yang dipimpinnya lolos verifikasi faktual KPU.

Menurut Ridha, dengan lolosnya Partai Garuda dalam verifikasi faktual membuat partainya telah melewati satu tahapan menuju Pemiu 2019.

"Kami mengucapkan syukur alhamdulillah di awal tahun ini DPP Partai Garuda telah memenuhi syarat untuk lolos verifikasi faktual di tingkat pusat. Ini merupakan awal yang baik bagi Partai Garuda," kata Ridha di kantor DPP Partai Garuda, Jakarta, Senin (1/1/2017).

‎Ridha menuturkan, selain di tingkat pusat, pihaknya yakin Partai Garuda bakal lolos verifikasi di daerah.

Menurutnya, tahapan yang telah dilalui partainya di daerah juga hingga saat ini berjalan lancar.

"Di daerah-daerah seperti diketahui sebagian besar sudah melakukan ‎proses verifikasi faktual dan laporan dari teman-teman daerah alhamdulillah berjalan lancar," tuturnya.(*)

Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved