Pilkada Nagekeo

Ini Perkembangan Terkini Soal Pencalonan Pakar Sebagai Cabup-Cawabup

Ini hasil pleno sementara terkait dengan verifikasi faktual paket perseorangan di Kabupaetn Nagekeo

Ini Perkembangan Terkini Soal Pencalonan Pakar Sebagai Cabup-Cawabup
Pos Kupang/Adiana Ahmad
Bakal calon wakil bupati Nagekeo dari jalur perseorangan, Oskarinus Meta menandatangani berita acara hasil pleno verifikasi dukungan faktual calon perseorangan di KPU Nagekeo, Minggu (31/12/2017) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | MBAY - Langkah, pasangan Paskalis MB Ledo Bude dan Oskarinus Meta (Pakar) menuju panggung Pilkada Nagekeo 2018 dari jalur perseorangan harus terhenti sementara.

Pasalnya, pasangan ini kekurangan 2.037 dukungan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nagekeo masih memberikan kesempatan kepada Paskalis dan Oskar untuk menjadi peserta dalam Pilkada Nagekeo tahun 2018 sampai tanggal 20 Januari mendatang, asalkan mereka mampu melengkapi kekurangan itu ditambah kelipatannya.

Kekurangan dukungan Pasangan Paskalis-Oskar disampaikan KPU Nagekeo dalam Pleno Terbuka Hasil Verifikasi Faktual Pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan bupati dan wakil bupati Nagekeo di Kantor KPU Nagekeo, Minggu (31/12/2017).

Rapat yang dipimpin Plt Ketua KPU Nagekeo, Aloysius Kaki dan dihadiri oleh dua anggota Komisioner KPU Nagekeo, Mikael Angelo Mali dan Yohanes Baptista, mengungkapkan, hasil verifikasi faktual terhadap dukungan Paskalis dan Oskar yang dilakukan oleh PPK di tujuh kecamatan di daerah itu, ternyata yang memenuhi syarat hanya 6.531 dukungan dari 10.751 dukungan yang dukungan yang diserahkan ke KPU.

Sementara dukungan minimal yang disyaratkan KPU untuk pasangan dari jalur perseorangan dalam Pilkada Nagekeo, 8.654 dukungan.

Dengan demikian, Paskalis dan Oskar harus menambah 2.037 dukungan agar lolos menjadi peserta Pilkada Nagekeo 2018.

Namun tidak hanya kekurangan yang harus dilengkapi pasangan ini, KPU memberikan tambahan kelipatannya sebagai sanksi atas kekurangan dukungan itu.

"Atas kekurangan dukungan itu, pasangan Paskalis. MBL. Bude-Oskar Meta dikenakan sanksi dua kali lipat dari kekurangan 2.037 dukungan . Jadi total dukungan yang harus dipenuhi sebanyak 4.704 dukungan untuk lolos menjadi peserta Pilkada Nagekeo," kata Aloysius.

Aloysius di hadapan Panwas Nagekeo, bakal cawabup dari pasangan tersebut, Oskarinis Meta dan para pendukungnya, menambahkan, kekurangan dukungan yang ada harus dilengkapi selambat-lambatnya pada tanggal 18-20 Januari 2018.

Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi faktual kembali tambahan dukungan yang ada sampai pada penetapan pasangan cabup-cawabip Nagekeo 2 Februari 2018.

Bakal calon wakil bupati jalur perseorangan, Oskar Meta yang di dampingi tim penghubung, Hiparkus Ngange, menanggap santai hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU Nagekeo tersebut.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 10.000 dukungan untuk menutupi kekurangan yang ada.

"Kami optimis kekurangan dukungan sebanyak 2.037 dan kelipatannya, bisa diselesaikan dalam waktu 2-3 hari ke depan," kata Oakar. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved