Berita Rote Timor Sabu

Romo Yoris Minta Kaum Muda Belu Segera Bergerak Wujudkan Perdamaian di Tapal Batas

Kaum muda adalah pemimpin hari ini. Segera bergerak wujudkan perdamaian di tapal batas.

Romo Yoris Minta Kaum Muda Belu Segera Bergerak Wujudkan Perdamaian di Tapal Batas
POS KUPANG/EDY BAU-
Romo Yoris Giri saat membawakan materi dalam seminar sehari bertema Mewujudkan Perbatasan RI-RDTL yang damai dalam semangat Natal di Aula Hotel Paradiso Atambua, Kamis (28/12/2017). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Edy Bau

POS-KUPANG.COM|ATAMBUA--Kaum muda Kabupaten Belu, perbatasan RI-RDTL tidak boleh berdiam diri. Tidak boleh terlena dengan ungkapan bahwa kaum muda adalah pemimpin masa depan. Kaum muda adalah pemimpin hari ini. Segera bergerak wujudkan perdamaian di tapal batas.

Demikian disampaikan Romo Yoris Giri saat tampil sebagai narasumber dalam seminar sehari bertema Mewujudkan Perbatasan RI-RDTL yang damai dalam semangat Natal di Aula Hotel Paradiso Atambua, Kamis (28/12/2017).

Dikatakannya, orang muda harus merasa terlalu terpanggil untuk berperan serta dalam mewujudkan perdamaian khususnya di tapal batas ini.

"Orang muda harus merasa terpanggil, terlibat dalam upaya menciptakan perdamaian di batas negara. Jangan berdiam diri," pintanya.

Ketua LPMTI Belu, Mariano Parada menuturkan, seminar sehari ini menggunakan hari raya Natal tahun 2017 sebagai momentum untuk bagaimana kita mewujudkan perdamaian di perbatasan Belu.

Melalui seminar sehari ini, lanjutnya, para pemuda diajak untuk berpartisipasi menjaga suasana di tapal batas agar situasi tetap kondusif tanpa ada permasalahan.

"Ada beberapa instansi yang membawa materi, ini bisa jadi pedoman bagi kita anak bangsa dalam wujudkan situasi aman dan damai di perbatasan Belu dan Timor Leste," ungkap Parada.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 orang peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, orang muda Katolik, mahasiswa/pelajar dan instansi LSM.

Selain Romo Yoris, pemateri lainnya dalam seminar ini adalah dari Ketua Pena Batas RI-RDTL yang membawakan materi tentang peran media dalam mewujudkan perbatasan yang damai, Kepala Satuan (Kasat) Binmas Polres Belu, Iptu Filomena Bere tentang Kamtibmas Natal dan Tahun Baru di wilayah Perbatasan, Ketua Komunitas Perbatasan (KP) 17 Belu, Alex Johan tentang paham Radikalisme dan Terorisme. (*)

Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved