Uskup Agung Kupang Minta Pengurus LP3K Jangan Hanya Hadir Saat Pengukuhan

Uskup mengharuskan pengurus bisa membuktikan kehadiran LP3K di Provinsi NTT akan menggerakkan musik liturgi

POS KUPANG/ANDRI ATAGORAN
Pengurus LP3K Provinsi NTT pose bersama Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang usai perayaan ekaristi di Gereja Sta Maria Assumpta Kupang, Minggu (17/12/2017). 

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr meminta para pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik (LP3K) Provinsi NTT, Kota Kupang, dan Kabupaten Kupang masa bakti 2017-2022 konsisten menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

"Pengurus LP3K jangan hanya hadir lengkap saat pengukuhan seperti hari ini tapi malas ikut rapat pengurus atau tidak aktif bekerja menjalankan fungsi Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani)," kata Uskup Petrus Turang Pr saat itu mengukuhkan pengurus LP3K Provinsi NTT, Kota Kupang dan Kabupaten Kupang dalam perayaan ekaristi di Gereja St Maria Assumpta Kupang, Minggu (17/12/2017).

"Anda kalau diundang untuk rapat harus datang, karena dengan demikian Anda akan turut ambil bagian di dalam pengembangan LP3K," kata Uskup Petrus.

Baca: Gubernur NTT Frans Lebu Raya Minta Daerah Segera Bentuk Lembaga Pesparani Katolik

Uskup mengharuskan pengurus bisa membuktikan kehadiran LP3K di Provinsi NTT akan menggerakkan musik liturgi gereja di tujuh keuskupan di wilayah ini. "Kalau tidak bisa berarti tidak ada guna bapak ibu sekalian diberkati pada hari ini," tegas Uskup Petrus.

Uskup Petrus juga mengingatkan pengurus LP3K agar sebaik mungkin menggunakan anggaran dari pemerintah dalam menjalankan fungsi Pesparani.

"Gunakan baik-baik anggaran dari pemda yang telah ditetapkan. Saya juga harap LP3K Provinsi NTT, Kota dan Kabupaten Kupang bisa membangun hati yang penuh budaya, penuh harmoni, dan penuh toleransi dengan siapa saja," kata Uskup Petrus.

Ketua Umum LP3K Provinsi NTT, Fransiskus Salem, S.H, M.Si dalam sambutannya mengatakan, peristiwa pengukuhan hari ini menandakan terpenuhinya kerinduan umat Katolik akan hadirnya sebuah lembaga formal yang mengurus, membina, dan mengembangkan Pesparani Katolik di NTT.

Baca: Pengurus Pesparani Katolik NTT Menggelar Rapat Perdana di Kupang, Ini yang Mereka Bahas

Hadirnya LP3K Provinsi NTT berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2106 yang terbit pada tanggal 26 Agustus 2016. "Pemerintah melalui Kementerian Agama di NTT begitu cepat merespon hadirnya LP3K ini," kata Fransiskus.

Frans Salem yang juga mantan Sekda NTT ini mengatakan, LP3K NTT akan menyelenggarakan Pesparani perdana tingkat NTT pada bulan Mei 2018  mendatang. Kota Kupang menjadi tuan rumah. "Yang juara para Pesparani di Kupang tahun depan akan mewakili NTT pada Pesparani tingkat nasional di Ambon," kata Frans Salem.

Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTT, Drs. Sarman Marselinus mengucapkan terima kasih kepada Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang yang telah mengukuhkan pengurus LP3K NTT, Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Kakanwil Kemenag NTT juga mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh pengurus. Diharapkan dalam waktu dekat semua kabupaten di NTT sudah memiliki lembaga LP3K. (dd)

Penulis: Andri Atagoran
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved