Kapolres Kupang Kota Persilahkan Aktivis Melapor Jika Merasa Dirugikan

Anthon mengklaim tidak membela anggotanya jika terbukti bersalah. Sebaliknya, jika anggotanya benar maka Anthon akan membela.

Kapolres Kupang Kota Persilahkan Aktivis Melapor Jika Merasa Dirugikan
POS KUPANG/EFLIN ROTE
Kapolres Kupang Kota, AKBH Anthon CN 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eflin Rote

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kapolres Kupang Kota, AKBP Anthon CN menanggapi laporan GMNI terkait oknum polisi yang diduga melakukan tindakan represif terhadap salah satu aktivis ketika demo di depan Kantor DPRD Provinsi, Kamis (14/12/2017).

Menurut Anthon, jika ada pihak yang merasa dirugikan silahkan saja melaporkan kepada pihak berwajib.

"Ini kan negara hukum, jadi silahkan saja melaporkan apabila mendapat perlakuan yang tidak semestinya. Tentunya perbuatan mereka dalam melakukan demo juga harus berlaku semestinya," ujar Anthon, Jumat (15/12/2017).

Anthon mengklaim tidak membela anggotanya jika terbukti bersalah. Sebaliknya, jika anggotanya benar maka Anthon akan membela.

Dalam menghadapi pengunjuk rasa, lanjut Anthon polisi ibarat melihat bayangan sendiri di cermin. Jika masyarakat santun, maka polisi juga harus santun.

Demikian pula sebaliknya, jika masyarakat tidak santun, tentu perlakuannya adalah tindakan kepolisian yang diperkenankan.

"Kita akan cek kasusnya seperti apa. Kebebasan menyampaikan pendapat merupakan pendapat hak yang dilindungi UU. tapi juga harus melihat hak orang lain, santun dalam tutur kata dan perbuatan, berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak," lanjut Anthon.

Diantara pengunjuk rasa dan polisi, lanjut Anthon, tidak ada permasalahan.

"Jadi jangan dimunculkan permasalahan. Pengunjuk rasa dilindungi UU dan petugas keamanan pun dilindungi UU," katanya.

Anthon menghimbau, hendaknya ketika menyampaikan suara dan hak harus juga melihat hak orang banyak misalnya pengguna jalan, supaya bisa mendapatkan simpati masyarakat.(*)

Penulis: Eflin Rote
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved