Tangani Kasus Sulit RSIA Dedari Andalkan Dokter Anestesi Konsultan Obstetri

RSIA Dedari memiliki dr. Budi SpAn K-AO yang mendapat pendidikan khusus untuk penanganan kasus kebidanan yakni SpAn Konsultan Obstetri.

Tangani Kasus Sulit RSIA Dedari Andalkan Dokter Anestesi Konsultan Obstetri
POS KUPANG/ANDRI ATAGORAN
Tim RSIA Dedari pose bersama bayi bernama Rosario Vanesa Talaen saat berada di Ruangan Ruangan Perinatologi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Dedari Kupang, Rabu (18/10/2017). 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Inovasi untuk pelayanan yang lebih baik dan berkualitas senantiasa dilakukan oleh RSIA Dedari beserta team medisnya. Terbukti, belum lama ini sat .pasien hamil dengan kondisi langka dan berisiko tinggi yakni dengan golongan darah rhesus negatif dan anemia berhasil ditangani oleh team operasi RSIA Dedari.

Dalam kasus obstetri (kehamilan) yang kompleks memang diperlukan dokter anestesi yang sudah mendapat pendidikan khusus untuk penanganan kasus kebidanan yakni SpAn Konsultan Obstetri. Dan RSIA Dedari memiliki dr. Budi SpAn K-AO.

Dokter Budi, demikian biasa dipanggil merupakan angkatan pertama konsultan anestesi obstetri di Indonesia. Bersama beberapa sejawat ahli anestesi, dokter kelahiran Surabaya ini menyelesaikan pendidikan lanjutan di bagian Anestesi FK UGM Yogyakarta.

"Kasus yang kami tangani ini berisiko tinggi karena kadar hemoglobin dalam darah tergolong rendah. Memerlukan tranfusi sebelum operasi sementara golongan darah pasien ini rhesus negatif yang tergolong langka. Terbukti tidak ada donor yang bisa didapatkan untuk pasien ini," katanya.

"Kami putuskan untuk tetap melakukan operasi dengan pilihan obat-obatan khusus dan teknik pembiusan yang mampu meminimalisir risiko perdarahan," jelas dr Budi ketika ditemui di RSIA Dedari saat melakukan evaluasi pasca operasi belum lama ini.

Keberhasilan operasi ini juga ditunjang komunikasi yang baik antar dokter spesialis kandungan di RS yang merujuk dengan dr. Shanti SpoG dokter di RSIA Dedari. Ke depan, RSIA Dedari akan terus meningkatkan pelayanan yang lebih berkualitas bagi para pasiennya. **

Penulis: Sipri Seko
Editor: Sipri Seko
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved