Berita Timor Rote Sabu

Dua Paslon Perorangan Undur Diri dalam Pilkada TTS 2018

kedua paslon perseorangan itu tak memasukan berkas dan menyatakan menarik diri

Dua Paslon Perorangan Undur Diri dalam Pilkada TTS 2018
PK/VEL
Ayub Patris Magang, SH 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Novemy Leo

POS-KUPANG.COM|SOE--Dua pasangan calon perorangan mengundurkan diri dan tidak mendaftarkan diri ke KPU sebagai peserta Pilkada TTS 2018 dari pasangan perorangan. Hingga hari H kedua paslon itu tidak menyampaikan persyaratannya.

Kedua paslon perorangan itu yakni pasangan Samson Talan dan Thomas Lakapu serta pasangan Salomon Babys dan Muhamad Issu.

Terhadap dua paslon perseorangan ini pihak KPU sudah memberikan sosialisasn dan bimtek tentang tata cara input data paslon di alikasi siste informasi pasnagan calon.

Sudah juga dibeirkan user data pedukung sepetri KTP dan formatnya.

Namun hingga tanggal 29 Noveber 2017 lalu, kedua paslon perseorangan itu tak memasukan berkas dan menyatakan menarik diri.

"Paslon Solomon dan Muhamad menyampaikan surat yang menyatakan menarik diri karena tidak mencukupi batas miniminal dukungan dan pesebaran. Sedangkan paslon Samson dan Thomas menyatakan tarik diri dan akan mencari parpol," kata Ketua KPU TTS, Ayub patris Magang, SH, Jumat (8/12/2017) siang.

Karena itu, dipastikan Pilkada TTS 2018 nanti hanya diikuti oleh paslon dari parpol.

Ditanya berapa kemungkinan pasangan yang akan maju dalam Pilkada TTS, Ayub mengatakan, kemungkinan ada empat paslon.

Dijelaskan Ayub, sesuai dengan syarat dalam UU bahwa untuk TTS kursi di DPRD ada 40 kursi. Dan jika dibagi dengan 20 persen maka jumlah kursi yang dibutuhkan untuk bis amengakomodir paslon ada 8 kursi.

"Jika kita bagi maka secara normal akan menjadi 5 paslon. Tapi karena jumah kursi yngg beda dalam papol itu sendiri sehingga untuk maksimal paslon hanya ada 4 paslon itu normal dalam koalisi ramping. Jika koalisi gemuk maka ada kemungkinan kurang dari 4 paslon," kata Ayub. Meski demikian, untuk memastikan jumlah paslon yang akan ikut pilkada TTS 2018 akan terlihat pada tanggal 8-10 Januari 2018 mendatang. (*)

Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved