VIDEO: KPA Janji Bebaskan NTT dari HIV/AIDS

Ini tekad KPAD Propinsi NTT terkait dengan penanganan HIV/Aids. Tonton video berikut

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG. COM, KUPANG - Komisi Peduli AIDS (KPA) Provinsi NTT siap menjangkau setiap masyarakat di tingkat RT/RW untuk bisa mendapatkan pelayanan dan pemeriksaan.

KPA siap bermitra untuk bergerak lebih cepat dalam menangani musuh HIV AIDS.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris KPA Provinsi NTT, dr Husein Pancratius, pada Rapat Pertigabulanan KPA Provinsi, di Ima Hotel, Selasa (5/12/2017).

Ia berjanji pada tahun 2025 Provinsi NTT sudah bebas dari AIDS.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT dalam sambutannya mengatakan warga peduli AIDS dimana-mana tetapi masih saja tidak ditemukan penderita.

Hal tersebut dikarenakan orang malu. Sebab bila sudah mengidap penyakit aids si penderita pasti sudah mendapat konotasi itu penyimpangan.

"Kebanyakan orang tahu bahwa AIDA itu karena berhubungan seks. Padahal tertularnya HIV/AIDS karena cairan tubuh dan ada pintu masuk yang terbuka ke dalam tubuh. Karena tidak satu -satunya AIDS diakibatkan dari hubungan seks, " tuturnya.

Ia mengaku senang mendengar pernyataan dari dr Husein bahwa tak perlu menunggu hingga tahun 2030 tapi tahun 2025 NTT sudah bebas HIV/AIDS.

Ia kembali menekankan warga peduli AIDS sudah begitu banyak tapi masih saja susah menemukan pengidap penyak tersebut. Sama juga dengan penderita penyakit TBC, karena TBC dan HIV menjadi satu kesatuan.

Menurutnya, budaya hidup sehat menjadu kuncinya. Melahirkan generasi muda hidup sehat memang membutuhkan waktu.

Karena itu untuk mewujudkannya, semua harus bersinergi sampai pada masyarakat di tingkat RT/RW dan pelajar mulai dari ruang kelas dan sekolah. Ajak semua warga mewujudkan kehidupan yang bersih dan sehat dan menjadi pelaku pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini dihadiri KPA Kabupaten/Kota, LSM, pemerhati HIV/AIDS dan lainnya. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved