Nagekeo Raih Penghargaan Daerah dengan SPM Pendidikan Terbaik

Penghargaan diserahkan perwakilan Bank Pembangunan Asia kepadaWakil Bupati Nagekeo, Paulinus Y. Nuwa Veto di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Nagekeo Raih Penghargaan Daerah dengan SPM Pendidikan Terbaik
istimewa
Wakil Bupati Nagekeo, Paulinus Y Nuwa Veto menerima penghargaan dari perwakilan Bank Pembangunan Asia di Jakarta, Rabu (23/11/2017)

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | MBAY - Bank Asia memberi penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo karena menerapkan standar pelayanan minimum (SPM) terbaik di bidang pendidikan.

Penghargaan diserahkan perwakilan Bank Pembangunan Asia kepadaWakil Bupati Nagekeo, Paulinus Y. Nuwa Veto di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Selain Nagekeo, Bank Asia juga memberi penghargaan yang sama kepada sembilan kabupaten, yakni Kulon Progo, Ogan Ilir, Gresik, Kayong Utara, Sumbawa Barat, Lampung Utara, Boalemo, Manokwari dan Kota Tual.

Atas prestasi tersebut, Wakil Bupati Nagekeo, Paulinus Y. Nuwa Veto bersama Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo dan Bupati Ogan Ilir, H. M. Ilyas Panji Alam, S.E, S.H, M.M dipercayakam sebagai narasumber Dialog Nasional SPM Pendidikan yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Dalam keterangan persnya yang diterima Pos-Kupang.com Jumat (24/11/2017), Nuwa Veto menjelaskan bahwa Dialog Nasional tersebut dihadiri Duta Besar Uni Eropa, Perwakilan Asia Development Bank, Menteri Pendidikan dan sembilan kepala daerah penerima penghargaan.

Nuwa Veto mengungkapkan, Nagekeo mendapat penghargaan karena dalam perencanaan pemenuhan SPM Pendidikan tepat sasaran.

Pelaksanaan pemenuhan SPM pendidikan berpedoman pada hasil sensus roadmap (peta jalan) yang sudah ada.

Dia mengungkapkan, dalam roadmap termuat hal-hal pokok berupa dokumen kebijakan awal, pembiayaan, rencana aksi serta strategi implementasi.

Dikatakan, melalui dokumen roadmap SPM sangat membantu Pemda Nagekeo dalam merumuskan strategi, program dan kegiatan dalam mendukung pemenuhan SPM.

Pada prinsipnya, lanjut Nuwa Veto, Pemda Nagekeo dalam urusan pendidikan telah terintegrasi konsep SPM ke dalam perencanaan daerah.

Selain itu, ada koordinasi dan dukungan seluruh SKPD dalam pemenuhan SPM pendidikan dasar, adanya komitmen Pemda Nagekeo dalam pencapaian SPM serta ada rencana aksi dan strategi pasca program SPM pendidikan dasar.(*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved