Aparat Desa di Kecamatan Malaka Tengah Belajar Buat Berita

Pelatihan yang melibatkan aparat desa di Kecamatan Malaka tengah ternyata punya tujuan. Ini maksudnya untuk ke depan

Istimewah
Peserta pelatihan jurnalistik di Kecamatan Malaka Tengah 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | BETUN - Aparatur desa di Kecamatan Malaka Tengah mengikuti pelatihan menulis berita yang diselenggarakan generasi sehat cerdas (GSC), Kamis ( 16/11/2017) bertempat di kantor desa Bakiruk.

Kegiatan ini sendiri bertujuan agar di setiap desa di kecamatan malaka tengah nantinya mampu membuat media komunitas sebagai media penyebaran informasi.

Dalam pelatihan tersebut, GSC bekerja sama dengan wartawan yang dipercayakan untuk membawa materi terkait pembentukan media komunitas dan cara menulis berita.

Para peserta yang mayoritas didominasi oleh para orang muda nampak serius mendengarkan materi yang disampaikan nara sumber.

Usai menyampai materi, para peserta pelatihan diminta untuk membuat berita pendek.

Tim Pelatih Kabupaten GSC, Rensiana Feliksitas mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di desa tentang pentingnya informasi, terutama tentang permasalahan di tingkat desa.

Informasi tersebut lalu diolah untuk dimuat di media komunitas baik dalam bentuk buletin komunitas mau pun foto novela komunitas.

"Melalui kegiatan ini kita ingin mendorong masyarakat untuk membuat media komunitas di tingkat desa sebagai media penyebaran informasi di tingkat desa. Selain itu, media komunitas bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk mengangkat permasalahan di tingkat desa yang tidak diangkat oleh media cetak maupun media elektronik," ungkat Rensi.

Sekertris Desa Kateri, Arkadius Kaki yang hadir sebagai peserta pelatihan tersebut mengaku senang bisa mengikuti pelatihan menulis berita. Dirinya merasa senang karena mendapat pengetahuan baru terkait media komunitas dan cara menulis berita yang baik.

Ia juga mendukung pembentukan media komunitas di desa sebagai media penyebaran informasi di tingkat desa.

" Jika memang ada dukungan anggaran dari pihak desa tentunya media komunitas di tingkat desa bisa dibentuk. Oleh sebab itu, dalam musrembang mendatang, kita akan coba dorong sebagai salah satu program usulan. Saya sangat setuju dengan pembentukan media komunitas sebagai media penyebaran informasi di tingkat desa," sebutnya.

Pantauan pos kupang kegiatan pengembangan media komunitas dan pelatihan menulis berita dihadiri oleh perwakilan 17 desa di wilayah kecamatan Malaka Tengah.

Perwakilan desa yang hadir mewakili desa terdiri unsur, aparatur desa yang diwakili Sekertaris desa dan Kaur desa, kader pemberdayaan masyarakat desa (KPMD), tokoh masyarakat, perwakilan pendidikan kesejahteraan keluarga (PKK) dan pendamping lokal desa. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved