BPJS Kesehatan Tanggung Penuh Pengobatan Penyakit Kanker

BPJS Kesehatan akan menanggung semua pengobatan untuk penderita kanker peserta BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan Tanggung Penuh Pengobatan Penyakit Kanker
Pos Kupang/bpjsketenagakerjaan.go.id
BPJS Ketenagakerjaan

Laporan Wartawan Pos-Kupang. com, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG  - BPJS Kesehatan akan menanggung semua pengobatan untuk penderita kanker peserta BPJS Kesehatan.

Demikian Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik, BPJS Kesehatan, Yosefina KSY Kadju yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (31/10 /2017).

"BPJS kesehatan membiayai penuh penderita kanker, termasuk pasien yang harus kemoterapi. Tidak ada selisih biaya yang dibebankan kepada pasien. Jika dibebankan biaya, maka bisa disampaikan kepada petugas BPJS Kesehatan dan akan diganti," katanya. 

Menurutnya, dalam sistem teknis Indonesian Case Base Groups (INA-CBG's), sistem pembayaran paket sudah termasuk obat, pelayanan dan lainnya.

Untuk penyakit kanker memang memakan biaya tertinggi, tapi tetap dibiayai oleh BPJS Kesehatan.

Menurutnya, BPJS Kesehatan juga ada kegiatan promotif preventif kerja sama dengan dinas kesehatan, PK dan lainnya untuk upaya sadar dini kanker. 

Saat ini semua puskesmas sudah layani pemeriksaan iva dan klinik yang bekerjasama untuk papsmear juga misalnya dengan Lab Prodia ke sana dengan membawa kartu BPJS Kesehatan dan syarat pemeriksaan.

"Lebih baik tahu sejak dini  Kalau sudah dua kali periksa bisa dengan vaksin, tapi vaksin tidak ditanggung BPJS Kesehatan," katanya. 

Untuk kanker payudara misalnya lebih baik pencegahan dini dan kalau tahu ada benjolan maka kita ke faskes tingkat pertama. Kalau perlu dirujuk ke faskes selanjutnya. Ini dibiayai oleh BPJS. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved