Berita Kota

VIDEO: KPA Kota Sosialisasi Bahaya HIV dan AIDS serta VCT Bagi Warga Nefonaek

Upaya yang terus dilakukan adalah dengan melakukan mobile Volunteri Conseling Test (VCT) dan gencar sosialisasi.

Laporan Wartawan Pos Kupang, Gordi Donofan

POS KUPANG.COM | KUPANG -- Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Kupang melakukan sosialisasi dan Volunteri Conseling Test (VCT) di Kelurahan Nefonaek tempatnya di Gereja Herob Perumnas Kecamatan Kota Lama Kota Kupang.

Sekrertaris KPA Kota, Agustinus Quintus Bebok, MS, saat menyampaikan materi sosialisasi menjelaskan, PNS 11 % di Kota Kupang sudah terkena HIV.

"Orang-orang yang bekerja ditempat SPA dan Karoke di Kota Kupang juga sudah ada yang sudah terkena HIV," jelasnya pada Sabtu (22/10/2017).

Ia mengatakan, kasus HIV di Kota Kupang setiap bulan meningkat. Upaya yang terus dilakukan adalah dengan melakukan mobile Volunteri Conseling Test (VCT) dan gencar sosialisasi.

"Virus HIV belum ada obatnya. Hanya ada obat untuk penahanannya. HIV tidak menular melalui alat makan yang sama, handuk pakai bersamaan, penggunaan kamar mandi yang sama. HIV menular melalui hubungan Seks, melalui air liur saat berciuman, jarum suntik yang sudah terkena HIV, air susu dari ibu yang sudah terkena HIV," jelasnya.

Ia mengatakan, jika ada orang disekitar yang sudah terkena HIV diminta untuk melaporkan ke KPA atau Warga Peduli Aids (WPA).

"Saya mohon kepada semua elemen, untuk aktif melaporkan. Diminta kepada Lurah, WPA dan toko gereja, Majelis untuk melibatkan banyak umat untuk tes deteksi dini HIV/ VCT," ungkapnya.(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved