Masyarakat Diminta Berpartisipasi Melaporkan Penyelewengan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Masyarakat harus aktif melaporkan kepada Ombudsman NTT mengenai maladministrasi atau penyimpangan pelayanan publik.

Masyarakat Diminta Berpartisipasi Melaporkan Penyelewengan Penyelenggaraan Pelayanan Publik
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Pimpinan Ombudsman RI Ninik Rahayu sedang menyampaikan materi saat pertemuan Berkala Ombudsman NTT di Hotel SwissBell Kristal Kupang, Selasa (10/10/2017). 

Laporan Reporter Pos-Kupang.com, Gordi Donofan

POS KUPANG.COM, KUPANG - Masyarakat harus aktif melaporkan kepada Ombudsman NTT mengenai maladministrasi atau penyimpangan pelayanan publik.

Partisipasi masyarakat untuk melaporkan mengenai amburadulnya pelayanan publik bertujuan untuk meningkatkan serta memperbaiki kinerja para pelayan publik yang bertugas melayani masyarakat.

"Peran serta masyarakat harus dilakukan. Ini membantu Ombudsman untuk meninjaklanjuti laporan pengaduan yang masuk. Dengan demikian Ombudsman melakukan upaya pencegahan dan perbaikan kinerja pelayan publik," ungkap Kepala Perwakilan Ombudsman NTT, Darius Beda Daton, SH saat menyampaikan sambutan pada pertemuan berkala yang dilaksanakan oleh Ombudsman NTT di Hotel SwissBell Kristal-Kupang pada Selasa (10/10/2017).

Darius Beda Daton mengatakan, Ombudsman hadir di tengah masyarakat untuk mengemban tugas sebagai pengawas penyelenggaraan pelayanan publik. Upaya pengawasan yang dilakukan tentu membutuhkan partisipasi dari berbagai elemen masyarakat.

Ia mengatakan, melalui partisipasi masyarakat, diharapkan adanya dukungan terhadap Ombudsman dalam menjalankan fungsi, tugas dan kewenangannya.

"Bapak ibu diharapkan aktif melaporakan. Diharapkan juga masyarakat mengetahui dan memahami bagaimana melakukan pengawasan eksternal terhadap penyelenggaraan pelayanan publik," ungkap Darius.

Ia mengatakan NGO, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi kemahasiswaan merupakan merupakan stakeholder atau bagian dari masyarakat yang memiliki peran untuk turut mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved