PT Pelindo III Punya Alasan Bangun Terminal Penumpang Senilai Rp 16 Miliar di Ende

Ini alasannya mengapa pihak Pelindo III membangun terminal senilai Rp 16 di Pelabuhan Ende

PT Pelindo III Punya Alasan Bangun Terminal Penumpang Senilai Rp 16 Miliar di Ende
Pos Kupang/Romualdus Pius
PT Pelindo III Manajer Kawasan Ende, Respaty Budi Kristiantoro 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Romualdus Pius

POS KUPANG.COM, ENDE - PT Pelindo membangun terminal penumpang senilai Rp 16 Miliar di dua pelabuhan yakni Pelabuhan Ende dan Pelabuhan Ippi.

Terminal tersebut masing-masing akan menampung 750 penumpang yang hendak berpergian ataupun yang datang menggunakan kapal laut.

PT Pelindo III Manajer Kawasan Ende, Respaty Budi Kristiantoro mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Sabtu (26/8/2017) di Ende ketika dikonfirmasi mengenai pelaksanaan pembangunan terminal penumpang di Pelabuhan Ende dan Pelabuhan Ippi.

Respaty mengatakan, sebelumnya kondisi terminal penumpang di dua pelabuhan sangat memprihatinkan karena selain inftrastrukturnya rusak juga tidak tertata dengan baik sehingga membuat para penumpang merasa tidak nyaman ketika berada di terminal.

Bahkan terkadang ada hewan piaran warga kerap berkeliaran bebas didalam kawasan pelabuhan.

Kondisi terminal yang tidak layak membuat calon penumpang kapal enggan singgah didalam terminal. Calon penumpang lebih senang tinggal diluar terminal karena memang kondisi terminal sudah dalam kondisi rusak.

Sebelumnya di Terminal penumpang Pelabuhan Ippi atapnya sudah dalam kondisi berlubang sehingga ketika hujan turun dipastikan ruangan terminal basah terkena air hujan,kata Respaty.

Melihat kondisi terminal yang tidak layak tersebut ujar Respaty maka dalam tahun 2017, PT Pelindo III yang membawahi kawasan Ende mulai melakukan pembangunan dua terminal penumpang senilai Rp 16 Miliar.

Terminal penumpang tersebut akan dibangun dalam jangka waktu 8 bulan dan dengan demikian maka pada Bulan Februari 2017 terminal sudah bisa dioperasikan untuk melayani para penumpang.

Respaty mengharapkan dengan keberadaan terminal penumpang yang baru juga bisa mendorong para pemilik atau operator kapal untuk mengoperasikan kapalnya ke Ende sehingga bisa mendongkrak ekonomi masyarakat di Kabupaten Ende khususnya dari sektor perhubungan laut.

Terminal penumpang yang dibangun dengan dana dari PT Pelindo III ujar Respaty kondisi akan sangat resprentatif bagi para penumpang karena akan dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung seperti kursi penumpang maupun lapangan parkir kendaraan. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved