Pemkot Kupang Harus Bangun Jiwa Wirausaha

Pemkot Kupang di bawah pimpinan Walikota dan Wakil Walikota Kupang terpilih, harus bisa membangun jiwa wirausaha.

Pemkot Kupang Harus Bangun Jiwa Wirausaha
POS KUPANG/ENOLD AMARAYA
DISKUSI - Wakil Walikota Kupang, Herman Man, saat menyampaikan hal-hal terkait visi misi dalam diskusi informasi Membangun Kota Kupang Lima Tahun ke Depan, di Restoran Nelayan, Kupang, Rabu (16/8/2017). 

POS KUPANG.COM, KUPANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang di bawah pimpinan Walikota dan Wakil Walikota Kupang terpilih, Jefri Riwu Kore dan Herman Man, harus bisa membangun jiwa wirausaha (entrepreneurship) kepada warga Kota Kupang agar warga Kota Kupang lebih cepat maju.

Pikiran ini disampaikan dua pengusaha Kota Kupang, Bobby Lianto dan Theo Widodo, pada acara Diskusi Informal bersama Walikota dan Wakil Walikota terpilih 2017/2022, di Restoran Nelayan-Kupang, Rabu (16/8/2017).

Diskusi yang digagas Harian Pagi Pos Kupang dengan Tema: "Membangun Kota Kupang Lima Tahun ke Depan" dihadiri Wakil Walikota Kupang terpilih, Herman Man, para pengusaha, akademisi, DPRD serta beberapa pimpinan SKPD di Kota Kupang. Diskusi yang dipandu Pemred Pos Kupang, Dion DB Putra, ini dihadiri Komisaris PT Timor Media Grafika, Damyan Godho, Pemimpin Perusahaan PT Timor Media Grafika, Marina Napitupulu, serta para editor dan manajer PT Timor Media Grafika.

Pengusaha muda, Bobby Lianto, mengatakan, entrepreneur memiliki panggilan untuk melahirkan entrepreneur baru. Dikatakannya, saat ini tidak ada lagi penjajah melainkan pahlawan ekonomi yang membuka lapangan pekerjaan.

"Selain motivasi dan pelatihan, saya pikir ide melalui lembaga HIPMI bila ada lahan kota yang bisa dikelola maka pemkot dapat membuka peluang itu untuk membuka usaha bisnis bagi orang-orang muda. Karena melahirkan entrepreneur bukan belajar teori seminar tapi harus praktek lapangan. Kalau kita mulai dari bisnis kecil-kecil mereka akan belajar," katanya.

Theo Widodo juga menyampaikan hal yang sama. Dikatakannya, agar masyarakat Kota Kupang bisa cepat maju maka pemerintah perlu membangun jiwa entrepreneur kepada warga kota ini. Menurutnya, jika sebuah wilayah atau negara ingin maju maka harus mempunyai banyak pengusaha.

Untuk membangun entrepreneur memang tidak gampang. Karena itu mindset atau pola pikir harus berubah menjadi pengusaha," katanya.

Rektor Undana, Fred Benu menyampaikan, Undana juga sedang berupaya menumbuhkembangkan jiwa wirausaha. Undana harus membuka unit bisnis dengan membentuk badan usaha Undana dengan lima lini bisnis memerlukan manajer bisnis untuk mendidik anak-anak sehingga mempunyai jiwa wirausaha sehingga keluar menjadi pengusaha yang mandiri.

Wakil Walikota Kupang terpilih, Herman Man, mengatakan, akan memperhatikan jiwa entrepreneurship. Ia menyambut dengan senang hati apabila ada pelatihan-pelatihan. Karena untuk menjadi pengusaha muda dan sukses memang harus melibatkan orang yang pernah melaksanakan. (yen)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved