Rumah Sakit Anggota Perdhaki Harus Lakukan Misi Kemanusiaan

Rumah Sakit anggota Perdhaki harus senantiasa melakukan misi kemanusiaan serta sehat secara finansial.

Rumah Sakit Anggota Perdhaki Harus Lakukan Misi Kemanusiaan
ISTIMEWA
PEMBICARA - Para pembicara Rapim Perdhaki yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa di bidangnya, menerima cinderamata Sasando dari pantia pelaksana.

POS KUPANG.COM, KUPANG - Rapat pimpinan (Rapim) rumah sakit (RS) anggota Perdhaki (Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia) seluruh Indonesia periode 2017 di Kota Kupang sudah berakhir. Rapat yang berlangsung selama empat hari, 10-13 Agustus 2017, itu menghasilkan sejumlah rekomendasi. Salah satunya agar RS anggota Perdhaki harus senantiasa melakukan misi kemanusiaan serta sehat secara finansial.

Rekomendasi Rapim Perdhaki ini disampaikan Ketua Panitia, dr. Erich S Subagio, MPH, dalam rilis yang diterima Pos Kupang, Kamis (17/8/2017). Rekomendasi lain Rapim Perdhaki adalah RS anggota Perdhaki perlu mengikuti perkembangan teknologi digital dalam berbagai aspek layanannya, perlu melakukan penyusunan Clinical Pathway untuk efektivitas dan efisiensi pelayanan pasien oleh masing-masing RS, perlu peningkatan peran Perdhaki wilayah dalam komunikasi dan dukungan terhadap para anggota. Juga banyak poin lainnya yang berhasil dirumuskan melalui Rapim Perdhaki ini.

Erick mengatakan, hampir semua peserta menyampaikan respon positif karena tidak menduga dapat mengikuti kegiatan rapim dengan meriah. Meski demikian peserta tetap fokus pada isu-isu penting kesehatan terkini. "Kegiatan rapim ini merupakan terbaik yang pernah saya ikuti," ungkap salah seorang peserta, sebagaimana dikutip Erick.

Dalam kegiatan ini, jelas Erick, panitia juga bekerjasama dengan Dekranasda NTT memperkenalkan berbagai kesenian adat dan budaya di NTT, antara lain ekshibisi proses menenun, kain adat, serta konsumsi tradisional NTT yang dihadirkan dalam sesi hospital visit di RS St. Carolus Borromeus. Agenda wisata lainnya, yaitu wisata religi ke Taman Ziarah Oebelo, serta menikmati keindahan Pantai Pasir Panjang dalam sesi santap malam di tepi pantai.

Sebelumnya diberitakan, RS St. Carolus Borrromeus (RSCB) Kupang mendapat kepercayaan menjadi panitia lokal penyelenggaraan kegiatan Rapim Perdhaki 2017. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini dihadiri 206 peserta dari seluruh wilayah Indonesia, terdiri dari direktur rumah sakit-rumah sakit, serta Ketua Yayasan Katolik yang memiliki karya pelayanan kesehatan. (*/kas)

Penulis: Kanis Jehola
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved