VIDEO: Puskesmas Bakunase Dapat Nilai Baik Sekali! Simak Tipsnya

Mentor Reformasi Puskesmas, Zainal Asikin ketika menjelaskan Desiminasi Hasil Survei Puskesmas Reformasi 2017

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS KUPANG.COM, KUPANG - Nilai Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) dari hasil survei pada semua Puskesmas di kota Kupang menunjukan, Puskesmas Bakunase menduduki urutan pertaa dengan nilai IKM 85,56 (Baik Sekali) dan Puskesmas Manutapen, nilai IKM 82,92 dengan kategori yang sama.

Mentor Reformasi Puskesmas, Zainal Asikin ketika menjelaskan Desiminasi Hasil Survei Puskesmas Reformasi 2017, pada Kepala Puskesmas se-kota Kupang dan instansi terkait, Senin (14/8/2017).

Ia menjelaskan dari 11 Puskesmas dua dua Puskesmas masuk dalam kategori Baik Sekali sedangkan 9 lainnya dikategorikan Baik. Sedangkan Puskesmas Oepoi mendapatkan urutan paling terakhir dengan total nilai 76,15.

Zainal mengatakan Bagian Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan kota Kupang melaksanakan Survei Indeks Kepuasaan Pelayanan Puskesmas di seluruh Puskesmas kota Kupang.

Kegiatan ini telah menjadi kegiatan rutin yang telah dilaksanakan sejak tahun lalu. Serta merekrut lagi enumerator yang baru dan kemudian dilatih (briefing survey) untuk dapat menggunakan kuesioner yang digunakan dalam survey ini.

Kegiatan briefing survei ini, lanjutnya, dilakukan pada 22 Maret 2017.

Jumlah surveyor yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 10 orang untuk tiap Puskesmas sehingga total surveyornya 110 orang yang sebagian besar adalah mereka yang terlibat dalam kegiatan survey pada tahun sebelumnya.

Tujuannya untuk mengetahui tingkat kinerja seluruh Puskesmas di kota Kupang dan sebagai dasar untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas di kota Kupang.

Ia menyampaikan unsur IKM sebagai dasar pengukuran ada 14 di antaranya prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan dan lainnya.

Kepala Puskesmas Manutapen, drg Hariyono, mengungkapkan sebagai Kepala Puskesmas bukan dirinya sendiri yang bekerja dalam melayani namun bekerja secara bersama-sama.

Setiap apel pagi ia tekankan kepada petugas atau staf untuk mengutamakan pelayanan kepada pasien. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved