RSU Kupang Kuburkan Mayat Tak Dikenal

Jenazah tak bertuan dan yang ditemukan tanpa identitas, prosedurnya harus melalui pihak berwenang untuk melakukan penyelidikan'

RSU Kupang Kuburkan Mayat Tak Dikenal
POS KUPANG/JUMAL HAUTEAS
TUNGGU - Menunggu proses otopsi oleh tim dokter di IPJ RSU Kupang. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Gordi Donofan

POS KUPANG.COM, KUPANG - Jenazah tak bertuan dan yang ditemukan tanpa identitas, prosedurnya harus melalui pihak berwenang untuk melakukan penyelidikan dan harus sesuai dengan tata laksana atau aturan yang berlaku.

Oktovianus Boimau, Kepala Ruangan Instalasi Pemulasaran Jenazah (IPJ) Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. W Z Johannes Kupang, mengatakan hal ini ketika ditemui, Senin (7/8/2017).

Boimau menjelaskan, ketika ada mayat tanpa tuan dan yang dikenal maka rumah sakit harus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan.

"Prosedurnya adalah ketika ada mayat tanpa tuan, pasti lapor ke polisi. Kemudian, polisi melakukan visum dan otopsi oleh tim forensik. Setelah itu rumah sakit mengumumkan kepada masyarakat selama tiga hari berturut-turut, lewat media. Apabila tidak ada yang mengaku atau tidak diketahui keluarganya maka pihak rumah sakit akan menguburkan setelah mendapatkan izin dari polisi," ujar Oktovianus.

Oktovianus mengatakan, penguburan mayat tak bertuan biasanya disaksikan oleh pihak rumah sakit, pihak kepolisian, petugas di Tempat Penguburan Umum (TPU) dan Rohaniwan.

"Selama ini sudah hampir ratusan lebih jenazah tak bertuan dan tak dikenal. Lokasinya di TPU Damai di Fatukoa. Dan pembiayaan di tanggung pihak rumah sakit. Ada juga sumbangan dari masrayakat," ujar Okto. (*)

Penulis: PosKupang
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved