Breaking News:

Jelang 17-an, Warga Indonesia Kibarkan ‘Merah Putih’ di Danau Burley Griffin,Canberra

Bendera ‘Merah Putih’ kembali dikibarkan di kawasan Danau Burley Griffin, ikon utama Canberra, ibu kota Australia, Sabtu (5/8/2017).

Editor: Agustinus Sape
KBRI Canberra via Kompas.com
Ratusan warga negara Indonesia yang bermukim di Canberra, Australia, merayakan tradisi tahunan Agustusan dengan kembali mengibarkan bendera kebangsaan Indonesia, Bendera Merah Putih di Danau Burley Griffin, ikon utama Canberra, ibu kota Australia, Sabtu (5/8/2017). 

POS-KUPANG.COM, CANBERRA -  Bendera ‘Merah Putih’ kembali dikibarkan di kawasan Danau Burley Griffin, ikon utama Canberra, ibu kota Australia, Sabtu (5/8/2017).

Tradisi Agustus-an ini dilakukan sebagai sebuah tradisi atau kebiasaan unik oleh masyarakat Indonesia di Canberra setiap akan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tradisi tahunan ini kembali dilakukan pada tahun 2017 guna memompa semangat patriotisme dan nasionalime mereka meski berada jauh dari Tanah Air,” demikian keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra kepada Kompas.com, Sabtu (5/8/2017).

Sedikitnya 300 WNI yang terdiri dari tokoh masyarakat, kalangan profesional, mahasiswa dan pelajar, perwira dan siswa TNI, hingga diplomat, dengan bangga membentangkan bendera kebangsaan itu.

Sambil mengibarkan ‘Merah Putih’ mereka menyanyikan lagu-lagu perjuangan, yakni Hari Merdeka, Halo-halo Bandung, dan Sorak-sorak Bergembira.

Begitu khidmatnya mereka menyanyikan lagu-lagu nasional tersebut sehingga beberapa dari mereka tak kuasa menitikkan air mata saking terharunya.

Hawa dingin dan berangin yang mencapai 5 derajat Celcius pada Sabtu pagi tak mampu menyurutkan semangat mereka.

Padahal saat ini, udara musim dingin di Canberra merupakan yang terdingin sepanjang 33 tahun terakhir ini.

Semangat kebangsaan

Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan ditengah-tengah acara Gerak Jalan Santai yang dibuka oleh Duta Besar RI untuk Australia, Y  Kristiarto S Legowo.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved