Pembangunan Ruas Jalan Utara Flores Makin Maju, Begini Progresnya

Pembangunan ruas jalan baru di Pantai Utara Flores yang dirintis dari Labuan Bajo, kini diperlebar menjadi 14 meter.

Pembangunan Ruas Jalan Utara Flores Makin Maju, Begini Progresnya
http://dailyvoyagers.com
Jalan menuju Rangko pada tahun 2016. 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Servan Mammilianus

POS KUPANG. COM, LABUAN BAJO - Pembangunan ruas jalan baru di Pantai Utara Flores yang dirintis dari Labuan Bajo, kini diperlebar menjadi 14 meter.

Pekerjaan pembukaan ruas jalannya sudah selesai beberapa waktu lalu, yakni Labuan Bajo-Rangko sepanjang 8,2 km dan Rangko-Terang 24 km.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan ruas jalan nasional itu, Yosua B. Anarato, menjelaskan bahwa setelah sebelumnya fokus pekerjaan adalah merintis ruas jalan baru, kini fokus untuk melebar ruas jalan itu sampai 14 meter.

“Ada dua paket pekerjaan, yaitu dari Bukit Sylvia ke Rangko sepanjang 8,2 km yang saat ini sedang diperlebar. Ruas jalan itu ada yang sudah di-hotmix sepanjang dua ratus meter."

"Paket kedua, yaitu dari Rangko ke Terang, sepanjang 24 km. Total panjang jalan yang dirintis, 32,2 km,” kata Yosua yang dikonfirmasi hari Rabu (2/8/2017).

Untuk pekerjaan rintis jalan Rangko sampai Terang, kata dia, masih ada sekitar lima ratus meter yang belum bisa digusur karena persoalan lahan.

Pihaknya sedang melobi agar pemerintah dengan pemilik lahan bisa mendapat solusi terbaik, sehingga pekerjaan rintis jalan bisa dilakukan di lokasi itu.

Dijelaskannya juga bahwa realisasi pekerjaan rintis jalan itu kini mencapai 70 presen. Pekerjaan ruas jalan itu dilakukan oleh PT Aneka dan Floresco.

Selain pekerjaan ruas jalan tersebut, ada juga pekerjaan pengaspalan jalan sepanjang 5 km, dari Rangko-Boleng-Terang.

Secara umum, kata dia, tahun 2017 ini konsentrasi untuk menyiapkan badan jalan. Sedangkan pengaspalan atau hotmix akan dilakukan pada tahun-tahun anggaran selanjutnya.

Pekerjaan ruas jalan 32,2 km di lintas utara Pulau Flores itu ditargetkan selesai pada bulan November 2017 mendatang.

Warga berharap agar pekerjaan rintis jalan baru lintas utara Flores itu bisa selesai cepat waktu.

“Tentu kita patut memberi apresiasi atas dirintisnya pembangunan ruas jalan lintas utara itu. Semoga pemerintah dan instansi terkait lainnya bisa membantu menyelesaikan masalah lahan yang masih terjadi,” kata warga Labuan Bajo, Yanuarius Ansil pada hari Rabu. (*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved