Kebiasaan Minum dari Satu Gelas Sopi di Sikka Rentan Tularkan Hepatitis

Gervas minta warga Sikka mengubah kebiasaan menggunakan satu gelas secara bersama-sama untuk minum moke.

Kebiasaan Minum dari Satu Gelas Sopi di Sikka Rentan Tularkan Hepatitis
Rakat Punya Blog
Sopi alias Moke

Laporan Wartawan Pos Kupang, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE -- Kebiasaan segelintir masyarakat Sikka minum  moke/sopi (minuman alkohol  dibuat  sadapan air pohon  enau dan lontar) menggunakan  gelas yang sama secara  bergilir rentan menularkan penyakit  hepatitis. Masyarakat disarankan mengubah kebiasaan ini untuk kesehatan bersama.

“Kebiasaan minum moke  pakai satu gelas  dari sisi adat mungkin baik, tetapi tidak baik untuk  kesehatan,   rentan  menularkan penyakit  hepatitis. Gelas yang diminum  bersama  bisa menularkannya,” ujar  Ketua  Palang  Marah  Indonesia  (PMI) Cabang  Sikka, Gervatius  Portasius Mude, pada  donor darah peringatan HUT Yayasan  Pendidikan  Thomas (Yapenthom) Maumere, Jumat  (28/7/2017)  di  Maumere.

Gervas  minta warga Sikka  mengubah kebiasaan menggunakan  satu  gelas secara  bersama-sama untuk minum moke  agar tidak berdampak   terhadap kesehatan.

Saran ini, kata Gervas, semata-mata untuk kebaikan dan  kesehatan  masyarakat.

Ia  mengatakan, PMI selalu bekerja  cermat melakukan pemeriksaan  kepada setiap  pendonor yang akan menyumbangkan  darahnya di  Unit  Transfusi  Darah  PMI Sikka.  Tak  hanya  hepatitis, kata Gervas, ada juga  pendonor yang menderita penyakit sifilis  atau raja singa.

“Darah yang sehat, bersih dan memenuhi syarat disimpan di bank darah. Darah yang berisiko dan mengandung penyakit berbahaya dimusnahkan,” tandas Portasius.

Donor  darah peringatan  HUT Yapenthom  ke-70, Selasa  (1/8/2017),  melibatkan ratusan orang guru dan pelajar. 

Ketua Yapenthom, Roby M.P. Keupung, menjadi orang pertama mendonorkan darahnya disusul karyawan dan pengurus Yapenthom, guru dan  pelajar.

Yapenthom mewadahi empat sekolah yakni SMP Yapenthom I, SMP Yapenthom 2, SMK Yohanes XXIII dan SMP Yohanes
Nelle  dengan  2.200 pelajar.  (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved