VIDEO: Anda Perlu Tahu Soal Bahaya Penyakit TBC

Ini penjelasan yang baik dan perlu anda ketahui tentang bahaya penyakit TBC. Simak video berikut

Laporan Wartawan Pos Kupang,Yeni Rachmawati

POS KUPANG. COM, KUPANG - Tuberkulosis alias TB adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TB (mycrobacterium tuberculosis).

TB yang dahulu dikenal TBC, sering menyerang paru-paru. Namun kuman ini juga dapat menyerang organ tubuh lainnya seperti selaput otak, kulit dan tulang.

Sekretaris KPA kota Kupang, Drs Agustinus Quintus, MS, menjelaskan, TB bukan lah penyakit keturunan dan bukan disebabkan karena kutukan atau guna-guna. TB dapat menyerang siapa saja (tua, muda, laki-laki, perempuan, miskin, kaya).

Aquintus menyampaikan sumber penularan TB, melalui dahak penderita TB yang mengandung kuman TB. Penularan terjadi melalui bila penderita batuk, bersin atau berbicara sehingga percikan dahaknya yang mengandung kuman TB melayang-layang di udara dan terhirup oleh orang lain.

Orang sehat dengan TB Laten bila terkena HIV maka TB-nya akan menjadi aktif. Orang dengan HIV positif meskipun belum terkena AIDS, kekebalan tubuhnya akan melemah sehingga ketika terkena kuman TB akan sangat mudah terjangkit. Pasien TB harus waspada HIV karena pasien TB atau pasangannya memiliki resiko tinggi tertular HIV jika berperilaku berhubungan seks berganti-ganti pasangan dan menggunakan narkoba suntik. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved