Pastor Asal NTT Temani SBY Sekeluarga di Vatikan, Ibu Ani dengan Gesit Melakukan Hal ini

Singkatnya mantan orang nomor satu di Indonesia itu hadir lengkap bersama istri, anak, menantu dan cucu serta anggota

Pastor Asal NTT Temani SBY Sekeluarga di Vatikan, Ibu Ani dengan Gesit Melakukan Hal ini
ISTIMEWA
Pastor Markus Solo, SVD (kedua dari kanan) bersama Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Ani, Dubes RI untuk Vatikan Agus Sriyono dan keluarga SBY di Lapangan St Petrus, Minggu (16/7/2017). 

POS KUPANG.COM -- Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga berkunjung ke Vatikan pada hari Minggu 16 Juli 2017. SBY jalan-jalan ke Vatikan bersama Ibu Ani Yudhoyono, kedua puteranya Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) masing-masing dengan istri dan anak.

Singkatnya mantan orang nomor satu di Indonesia itu hadir lengkap bersama istri, anak, menantu dan cucu serta anggota rombongan lainnya.

Kunjungan SBY sekeluarga disambut spesial otoritas Tahta Suci sehingga beliau boleh melihat hampir semua tempat suci dan bersejarah di Vatikan. Yang mengesankan pemandunya adalah pastor asal Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Markus Solo Kewuta, SVD. Pater Markus bertugas di Vatikan sejak sepuluh tahun lalu dan kini menjadi Anggota Dewan Kepausan untuk Dialog Antar Agama.

Baca: Pastor Asal NTT Temani SBY Sekeluarga di Vatikan, Agus Penasaran Lihat Tempat yang Satu Ini

Berikut penuturan Pater Markus tentang pengalamannya menemati SBY sekeluarga sebagaimana dikutip dari akun Facebooknya.

Tadi malam (Sabtu malam 15 Juli 2017, Red) Dubes (duta besar) RI untuk Tahta Suci Vatikan, Pak Agus Sriyono, menelepon saya meminta untuk bersama-sama menerima Pak SBY, mantan Presiden RI, bersama ibu, kedua putera dan keluarga serta rombongan sebanyak 27 orang yang mau berkunjung ke Vatikan.

Sekaligus Pak Dubes meminta saya menjadi guide (pemandu) untuk Pak SBY dan rombongan. Saya menyanggupinya. Segera semua prosedur permohonan tulisan dibuat berserta lobi lisan di Vatikan sehingga dalam waktu relatif singkat semua beres.

Tadi sore (Minggu 16 Juli 2017, Red) menjelang jam 16.00 Pak SBY dan Ibu Ani serta rombongan, dengan menggunakan empat mobil Mini-Van hitam berkonvoi menuju Vatikan.

Pak Dubes Agus yang didampingi oleh istri dan Pak Wandry dari Departemen Komsos bersama saya menerima rombongan di pintu masuk lalu beriringan memasuki Vatikan mengikuti mobil KBRI Vatikan yang dikemudi Pak Kahono, hingga ke Porta della Preghiera, pintu khusus Basilika Santo Petrus yang berpapasan dengan rumah tempat tinggal Paus, Domus Santa Marta. Kami turun dari mobil dan saling bersalaman. Mereka semua sangat berantusias, terutama Pak SBY, Ibu Ani dan kedua putera mereka, Mas Agus dan Mas Baskoro bersama keluarga.

Saya memulai guide dengan memperkenalkan diri, dibantu oleh Pak Dubes, kalau saya juga orang Indonesia dan bertugas di Vatikan sejak 10 tahun pada "Dewan Kepausan seperti sebuah Kementerian Dialog Lintas Agama", kelahiran Flores, NTT. Serta merta Pak SBY dan Ibu Ani menyela, kalau mereka pernah ke Manggarai dan Labuan Bajo. Saya ucapkan terima kasih dan menambah kalau saya berasal dari ujung timur Flores, Larantuka.

Halaman
12
Penulis: dion_db_putra
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved