PSSI Ajukan Keberatan kepada Paanitia Sea Games

PSSI menolak regulasi yang membebaskan tim nasional sepak bola Malaysia untuk memilih sendiri grupnya di SEA Games karena hal tersebut mencederai pri

PSSI Ajukan Keberatan kepada Paanitia Sea Games
tribunnews
Sekjen PSSI, Joko Driyono

POS KUPANG.COM - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengajukan keberatan kepada panitia pelaksana SEA Games 2017 Malaysia (Masoc) terkait pengundian grup cabang olahraga sepak bola melalui surat resmi yang diberikan melalui Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

"Hari ini suratnya kami sampaikan ke KOI agar selanjutnya diteruskan ke Masoc. PSSI tidak bisa mengajukan keberatan secara langsung karena ini adalah kejuaraan multicabang," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono ketika ditemui di Kantor PSSI, Jakarta, Senin.

Menurut Joko, PSSI menolak regulasi yang membebaskan tim nasional sepak bola Malaysia untuk memilih sendiri grupnya di SEA Games karena hal tersebut mencederai prinsip keadilan, integritas turnamen dan sportivitas.

Keistimewaan itu, lanjut pria yang juga menjabat pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI ini, juga tidak lazim dan tidak pernah diterapkan di SEA Games.

"Jadi PSSI meminta agar mekanisme pengundian grup dilakukan seperti biasa yaitu dengan mempertimbangkan tim tuan rumah, juara turnamen serupa tahun 2015 juga prestasi timnas sebelumnya," kata Joko.

Adapun selain surat keberatan yang akan disampaikan melalui KOI, PSSI selaku anggota Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) juga turut menyetujui surat keberatan kolektif oleh AFF terkait pengundian grup sepak bola SEA Games 2017 yang disepakati dalam rapat dewan pada Sabtu (1/7) di Nha Trang, Vietnam, di mana PSSI turut serta di dalamnya.

Pada rapat yang disebut Joko tidak dihadiri oleh perwakilan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) itu, Dewan AFF menyatakan surat keberatan akan diajukan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) selaku penentu regulasi turnamen sepak bola resmi di kawasan Asia, termasuk dalam kejuaraan multicabang SEA Games.

"Nanti AFC bisa berinteraksi langsung dengan FAM dan Masoc terkait regulasi pengundian grup sepak bola di SEA Games 2017 Malaysia. Semoga suratnya ditanggapi dan diteruskan menjadi keputusan, dengan semangat semua kegiatan olahraga sepak bola harus menjunjung tinggi sportivitas, fair play dan integritas olahraga. Semangat itu pula yang dipegang oleh PSSI dan federasi sepak bola Asia Tenggara lainnya," tutur dia, sembari menegaskan bahwa PSSI akan mengikuti apapun yang nantinya diputuskan oleh AFC terkait permasalahan itu.

Pengundian grup cabang olahraga sepak bola sendiri diadakan pada Sabtu (8/7) di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam acara tersebut, PSSI akan diwakili oleh Wakil Kepala Departemen Timnas PSSI Fanny Riawan dan Manajer timnas U-22 Endri Erawan. *)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved