Pemerintah Beijing Terbitkan Izin Kerja Baru bagi WNA

Pemerintah Kota Beijing mengeluarkan surat izin kerja baru bagi warga negara asing sebagaimana kebijakan pemerintah China yang menginginkan tenaga a

Pemerintah Beijing Terbitkan Izin Kerja Baru bagi WNA
(Foto dengan atribusi Creative Commons dari Kallgan di Wikimedia Commons)
Lalu lintas kendaraan di salah satu jalanan Beijing, China, dalam foto bertanggal 8 Oktober 2005.

POS KUPANG.COM - - Pemerintah Kota Beijing mengeluarkan surat izin kerja baru bagi warga negara asing sebagaimana kebijakan pemerintah China yang menginginkan tenaga ahli dari berbagai negara sebanyak mungkin.

Surat izin kerja model baru tersebut pertama kali diberikan kepada pejabat senior BMW China Services Ltd, demikian laporan China Daily, Selasa.

Sistem baru tersebut menggabungkan dua surat izin yang dipersyaratkan bagi WNA guna mempersingkat proses permohonan, memangkas proses birokrasi, dan meningkatkan efisiensi, demikian keterangan pihak Badan Administrasi Tenaga Kerja Asing sebagaimana dikutip Beijing News.

Kebijakan baru tersebut diujicobakan di Beijing, Tianjin, Shanghai, dan enam provinsi lainnya pada Oktober 2016-Maret 2017 sebelum diluncurkan secara meluas pada 1 April 2017.

Pemegang surat izin kerja terbagi dalam tiga golongan, yakni memiliki keahlian khusus, profesional, dan pekerja musiman.

Saat ini para pemohon dapat mengajukan aplikasi secara online dan diperkirakan diproses dalam waktu lima hari kerja atau setengah dari lamanya proses perizinan yang dibutuhkan dalam kebijakan sebelumnya.

Menurut Dinas Sumber Daya Manusia dan Keamanan Sosial Kota Beijing, surat izin kerja tersebut telah diakui di beberapa dinas, seperti Keamanan Publik, SDM, dan Pendidikan. *)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved