Berita Timor Rote Sabu

Kades di TTU Laksanakan Empat Pekerjaan

Tugas pertama adalah kepala desa melakukan pendataan penduduk agar memastikan semua warga sudah memiliki identitas

Kades di TTU Laksanakan Empat Pekerjaan
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes menyemat tanda jabatan kepada Kepala Desa Tublopo, Stefanus Kono Nonu, Kamis (15/6/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM,KEFAMENANU--Para kades di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) diberi empat pekerjaan yang harus dilaksanakan di wilayah masing-masing.

Keempat pekerjaan itu yakni, pendataan penduduk, mencatat rumah tidak layak huni, membuat peraturan desa tentang batasan waktu pesta dan menggerakan masyarakat untuk aktif melaksanakan seluruh program pemerintah, terutama program sari tani dan padat karya pangan.

Penegasan itu disampaikan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes saat acara pelantikan Kepala Desa Tublopo, Kecamatan Bikomi Selatan, Rabu (14/6/2017).

Menurut Raymundus, tugas pertama adalah kepala desa melakukan pendataan penduduk agar memastikan semua warga sudah memiliki identitas yang jelas seperti KTP dan kartu keluarga.

Jika ada masyarakat yang malas mengurus administrasi kependudukan maka kepala desa wajib mencatat namanya sehingga menjadi pertimbangan pemerintah.

Kedua, mendata seluruh rumah tidak layak huni, dengan tiga kategori yakni, rumah dadurat,
Atap seng dan dinding bebak dan rumah setengah tembok. Ketiga, BPD dan kepala desa mesti membuat peraturan desa (perdes) tentang batas waktu pesta.

Keempat, kepala desa menggerakan masyarakat agar terlibat aktif dalam proses pembangunan, termasuk menggunakan dana program sari tani dengan baik. Dana sari tani dilarang untuk keperluan pesta seperti pesta sambut baru, tetapi dana untuk pemberdayaan masyarakat.

"Manfaatkan uang dari program Sari Tani. Jangan pakai uang untuk pesta sambut baru. Kita sudah miskin, uang tidak ada tapi masih mau pesta," kata Raymundus. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved