Pilkada Ende

Enam Berkas Calon Bupati Ende, DPP PDIP Diharpakna Rekomendaikan MJ

Enam berkas bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Ende yang mendaftar melalui pintu DPC PDIP Kabupaten Ende diserahkan kepada Badan Pemenangan (

Enam Berkas Calon Bupati Ende, DPP PDIP Diharpakna Rekomendaikan MJ
POS KUPANG/MAKSI MARHO
Ketua Tim Rekrutmen dan Seleksi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Ende DPC PDIP Kabupaten Ende, Yustinus Sani SE menyerahkan berkas balon bupati dan wakil bupati Ende dan diterima Sekretaris BP Pemilu DPD PDIP NTT, Eman Kolfidus disaksikan Ketua BP Pemilu DPD PDIP NTT, Yunus Takandewa dan Wakil Ketua DPD PDIP NTT, Gusti Beribe di kantor DPD PDIP Provinsi NTT, Sabtu (10/6/2017) siang. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Maksi Marho

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Enam berkas bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Ende yang mendaftar melalui pintu DPC PDIP Kabupaten Ende diserahkan kepada Badan Pemenangan (BP) Pemilukada DPD PDIP Provinsi NTT. Keenam berkas tersebut terdiri dari tiga berkas balon paket bupati dan wakil bupati, serta tiga berkas balon tanpa paket balon wakil bupati atau balon bupati.

Penyerahan berkas balon Bupati dan Wakil Bupati Ende dilakukan Ketua Tim Rekrutmen dan Seleksi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Ende DPC PDIP Kabupaten Ende, Yustinus Sani SE dan diterima Sekretaris BP Pemilu DPD PDIP NTT, Eman Kolfidus disaksikan Ketua BP Pemilu DPD PDIP NTT, Yunus Takandewa dan Wakil Ketua DPD PDIP NTT, Gusti Beribe. Acara penyerahan berkas bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Ende dilaksanakan di kantor DPD PDIP Provinsi NTT, Sabtu (10/6/2017) siang.

Enam bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Ende yang diserahkan berkasnya yakni pasangan Drs Don Bosco M Wangge, M.Si dan H Munawar Ahmad (Paket DM), pasangan Drs Klemens Meba, MM dan Drs H Abdul Syukur, M.Si (Paket Mesra) dan pasangan Ir Marselinus Y W Petu dan Drs H Djafar H Ahmad, MM (Paket MJ). Selain itu, juga berkas balon yang mendaftar tanpa pasangan yakni Fransiskus Taso, S.Sos sebagai balon Wakil Bupati Ende, Antonius Bata, SE sebagai balon Bupati Ended an Ruben Resi, SH sebagai balon Bupati Ende.

Yang menariknya, dalam berkas balon Bupati dan Wakil Bupati Ende yang diserahkan, DPC PDIP Kabupaten Ende juga memberi beberapa pertimbangan strategis. Salah satu point pertimbangannya adalah, DPC PDIP Kabupaten Ende menyarankan agar DPP PDIP dapat mengusung/merekomendasikan paket Ir Marselinus Y W Petu (Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Ende) dan Drs H Djafar H Ahmad, MM (Anggota Dewan Pertimbangan DPC PDIP Kabupaten Ende) sebagai Balon Bupati dan Wakil Bupati Ende untuk diusung PDIP.

Beberapa point pertimbangan strategis tersebut berbunyi, DPC PDIP Ende menyarakan agar balon bupati dan wakil Bupati Ende yang hendak direkomendasikan partai adalah balon yang memiliki peluang untuk memenangkan pemilukada bulan Juni 2018. Point berikutnya, balon yang hendak diusung partai, salah satunya harus kader internal partai.

Selanjutnya, pada point ketiga, DPC PDIP kabupaten Ende menyatakan, balon yang diusung adalah balon yang telah memiliki dukungan partai politik serta memiliki persentase suara dan atau kursi di DPRD Ende dan memungkinkan untuk memenuhi syarat pencalonan sebagaimana diatur dalam perundang-undangan yang berlaku.

Sementara pada point keempat disebutkan, dari ketiga pertimbangan diatas, DPC PDIP Kabupaten Ende menyarankan agar DPP PDIP dapat mengusung/merekomendasikan paket Ir Marselinus Y W Petu (Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Ende) dan Drs H Djafar H Ahmad, MM (Anggota Dewan Pertimbangan DPC PDIP Kabupaten Ende).

Disebutkan, Drs H Djafar H Ahmad, MM menjadi anggota Depercab DPIP Ende pada tahun 2015 sesuai dengan surat keputusan partai No 01/DPC-End/KPTS/IV/2015 tentang Struktur, Komposisi dan Personalia Dewan Pertimbangan Cabang (Depercab) PDIP Kabupaten Ende masa bakti 2015-2020 pada rapat perdana DPC PDIP Kabupaten Ende tanggal 22 April 2015.

Keduanya, Ir Marselinus Y W Petu dan Drs H Djafar H Ahmad, MM adalah balon Petahana yang telah mengabdi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ende periode 2014-2019 dan telah mendapat simpati dari mayoritas pemilih Kabupaten Ende.

Pertimbangan lain, PDIP belum memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon karena hanya memiliki empat kursi DPRD Ende atau 13,33 persen suara, sementara Ir Marselinus Y W Petu adalah Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Ende yang juga memiliki 4 kursi di DPRD Ende atau 13,33 persen suara. Dengan demikian koalisi antara PDIP dan Partai Golkar memenuhi syarat pencalonan karena telah memiliki 8 kursi di DPRD atau 26,66 persen.

Sementara pada poin pertimbangan strategisnya yang terakhir, DPC PDIP menyatakan, tetap menyampaikan kepada semua balon yang mendaftar melalui PDIP, bahwa sesuai ketentuan partai wajib disurvei untuk memastikan tingkat popularitas dan elektabilitas masing-masing balon.

Ketua Tim Rekrutmen dan Seleksi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Ende DPC PDIP Kabupaten Ende, Yustinus Sani SE pada acara penyerahan berkas bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Ende ini, mengatakan, enam berkas balon Bupati dan Wakil Bupati Ende yang diserahkan telah melalui proses verifikasi di tingkat DPC PDIP kabupaten Ende dan telah dinyatakan lengkap atau lolos verifikasi.

Yustinus mengatakan, DPC PDIP Kabupaten Ende mempersilahkan DPD PDIP Provinsi NTT untuk memproses lebih lanjut untuk diserahkan ke DPP PDIP di Jakarta sesuai aturan partai dan aturan perundang-undangan yang berlaku. Termasuk meneliti kembali dan melakukan verifikasi ulang terhadap keenam berkas balon Bupati dan Wakil Bupati Ende yang diserahkan sebelum diserahkan ke DPP PDIP.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved