Bupati Ngada Keluhkan Jalan Pantura Flores

Bupati Ngada, Marianus Sae, meminta pemerintah pusat memperhatikan kawasan pantai utara (Pantura) Flores.

Bupati Ngada Keluhkan Jalan Pantura Flores
POS KUPANG/HH
Bupati Ngada, Marianus Sae

POS KUPANG.COM, ENDE - Bupati Ngada, Marianus Sae, meminta pemerintah pusat memperhatikan kawasan pantai utara (Pantura) Flores. Sebab, pembangunan di wilayah itu belum terlalu maju dibandingkan wilayah selatan terutama infrastruktur jalan raya.

Bupati Marianus menyampaikan hal itu saat berdialog dengan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo, di Taman Renungan Bung Karno, Kota Ende, Kamis (1/6/2017).

Bupati Marianus mengatakan, meskipun ia Bupati Ngada, namun ia melihat kabupaten yang ada di Pulau Flores memiliki kedekatan emosional dan budaya. Untuk membangun manusia Flores secara utuh maka pola pendekatan dilakukan secara keseluruhan atau Flores secara utuh.

Karena itu, dia mengharapkan agar pemerintah pusat memberikan perhatian khusus untuk membangun infrastruktur yang ada di kawasan utara Pulau Flores, terutama jalan raya. Dalam pengamatannya, hampir semua wilayah di utara Flores masih sangat tertinggal. Padahal, kata Bupati Marianus, wilayah utara Pulau Flores memiliki potensi alam yang cukup memadai baik laut maupun darat. Namun potensi yang ada belum digarap secara optimal karena minimnya infrastruktur yang dibangun pemerintah.

Bupati Nagekeo, Elias Djo juga menyampaikan minimnya fasilitas infrastruktur di kawasan utara Flores terutama jalan raya. Padahal di wilayah tersebut terdapat potensi alam yang memadai, namun belum digarap secara optimal karena minimnya infrastruktur.

Bupati Elias mengatakan, di wilayah utara lautnya sangat indah sehingga bisa dijadikan daerah wisata.

Untuk jalan raya, Bupati Elias mengatakan, pada bulan Juli nanti akan diselenggarakan Tour de Flores (TdF). Namun peserta TdF tidak bisa lewat wilayah utara karena kondisi jalan di wilayah itu rusak parah, terutama dari arah Ende menuju Kabupaten Nagekeo dan sebaliknya.

Untuk itu, ia mengharapkan pemerintah pusat memperhatikan jalan raya di wilayah utara Pulau Flores agar ditingkatkan sehingga bisa menggerakkan sektor ekonomi masyarakat yang bermukim di kawasan utara. (rom)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved