Berita Kota Kupang

VIDEO: Tiga Siswa SMAK Giovanni Kupang Ikut OSN di Provinsi Riau

Tahun ini SMAK Giovanni Kupang dipercayakan sebagai tempat untuk pelaksanaan kegiatan OSN

Laporan wartawan Pos Kupang.Com, Apolonia Matilde Dhiu

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Tiga siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Giovanni Kupang akan mengikkuti lomba Olimpyade Siswa Nasional (OSN) tingkat nasional di Provinsi Riau tanggal 2-8 Juni 2017.

Ketiga siswa ini mengikuti OSN tingkat nasional, yakni Eugene Brigita Lau untuk mata pelajaran Komputer, Maria Rojuna Surya untuk mata pelajaran Ekonomi dan Rapalina Mutiastari Riantoby untuk mata pelajaran Kebumian.

Hal ini disampaikan Kepala SMAK Giovanni Kupang, Rm. Yusintus Efi, Pr, kepada Pos Kupang di sekolah tersebut, Senin (29/5/2017).

Rm. Sintus mengatakan, para siswa yang mengikuti OSN tingkat nasional ini sudah diseleksi dari tingkat kabupaten/kota, dan ketiganya mewakili Kota Kupang mengikuti Lomba OSN tingkat Provinsi.

Ia mengatakan, dari SMAK Giovanni Kupang mengirim tujuh peserta untuk mengikuti lomba OSN tingkat provinsi tanggal 9 Mei 2017, tetapi hanya tiga orang yang lolos ke tingkat nasional.

"Lomba OSN tingkat Kota Kupang dilaksanakan pada bulan Maret lalu, diikuti oleh sekolah di Kota Kupang, dan Giovanni terpilih menjadi Juara dan mewakili Kota Kupang ke tingkat Provinsi NTT. Tahun ini SMAK Giovanni Kupang dipercayakan sebagai tempat untuk pelaksanaan kegiatan OSN, oleh Direktorat Jendaral Pendidikan Menengah, Kementrian Pendidikan , dan melalui seleksi ketat sekolah ini dipilih mewakili Provinsi NTT untuk mengikuti OSN tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-8 Juli 2017 di Pekanbaru-Riau ," katanya .

Menurutnya, dari SMAKGiovanni Kupang untuk mata pelajaran ekonomi, komputer dan kebumian. Sedangkan, katanya, untuk enam mata pelajaran lain berasal dari sekolah lain di NTT, yakni SMA Negeri 3 Kupang (Astronomi), dua dari SMA Frateran Ndao (Fisika dan Kimia) dan Seminari Bunda Segala Bangsa Maumere (matematika), SMAN 1 Waikabubak-Sumba Barat (Biologi), SMAK Regina Pacis Bajawa (geografi).

Menurutnya, sebelumnya, SMAK Giovanni Kupang juga mengirimkan siswa untuk mengikuti debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia tingkat nasional, namun tidak mendapatkan juara.

Para siswa dari sekolah ini hanya masuk ke peringkat 20 besar dari semua SMA se-Indonesia.

Ia mengatakan, para siswa yang mengikuti debat dua mata pelajaran ini setelah lolos dalam debat tingkat provinsi.

Ia berharap, para siswa yang belum beruntung di tingkat nasional tetap optimis untuk terus mengasah masa depan. Karena, walaupun gagal tetapi menjadikan hal tersebut sebagai pengalaman dan bisa membagikan pengalaman kepada adik-adik kelas.

"Pengalaman mereka bisa memotivasi adik-adik kelasnya untuk mempersiapkan diri lebih baik, terutama dalam hal menguasai materi, menguasai tekni debat dan sebagainya. Selain itu, para siswa juga harus menyiapkan diri dengan berbagai pengetahuan umum, dan global baik bidang ekonomi, social, politik, hukum, terutama isu-isu global dan nasional yang sedang hangat," katanya. (*)

Penulis: Apolonia M Dhiu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved