Ini Penjelasan BLH Mabar Terkait Sampah di Jalan Bukit Cinta

Ini jawaban pemerintah Manggarai Barat terkait dengan penumpukan sampah di Bukit Cinta

Ini Penjelasan BLH Mabar Terkait Sampah di Jalan Bukit Cinta
Pos Kupang/Servan Mammilianus
Sampah di Jalan Bukit Cinta Labuan Bajo berserakan. Gambar diambil, Senin (22/5/2017)

Laporan wartawan Pos Kupang, Servan Mammilianus

POS KUPANG,COM, LABUAN BAJO - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), segera berkoordinasi dengan Satpol PP dan pemilik lahan di sekitar ruas Jalan Bukit Cinta Labuan Bajo untuk penanganan sampah.

Sekretaris BLH Mabar, Gusti Rinus menjelaskan, sampah yang sengaja dibuang warga di lokasi itu perlu ditangani secara bersama-sama.

"Kami akan segera berkoordinasi dengan Satpol PP dan pemilik lahan untuk menertibkan warga yang membuang sampah di lokasi itu," kata Gusti saat dikonfirmasi Hari Selasa (23/5/2017).

Tentang kemungkinan pembangunan pos jaga untuk petugas kebersihan di lokasi itu, dia menyampaikan bahwa secara aturan sangat bisa karena regulasinya sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda). Hanya saja kendalanya adalah anggaran.

"Secara aturannya bisa karena sudah ada Perda terkait sampah. Hanya saja kami belum ada anggaran untuk pembangunan pos jaga itu. Tetapi memang itu perlu dibangun di lokasi-lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah ilegal oleh warga, seperti di Jalan Bukit Cinta dan di jalan arah Terang," kata Gusti.

Pihaknya akan mencoba untuk mengusulkan anggaannya agar terakomodir dalam APBD kabupaten. (*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved