Dukung Program Bupati Belu, Warga Desa Renrua Siapkan Lahan Untuk Tanam Kacang Hijau

Bupati Belu, Willy Lay mengganti program gerakan tanam jagung dari Kementerian Pertanian RI menjadi gerakan tanam kacang hijau.

Dukung Program Bupati Belu, Warga Desa Renrua Siapkan Lahan Untuk Tanam Kacang Hijau
POS KUPANG/ROBERT ROPO
Ilustrasi: Tanaman jagung milik petani di Manggarai Timur 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA -- Bupati Belu, Willy Lay mengganti program gerakan tanam jagung dari Kementerian Pertanian RI menjadi gerakan tanam kacang hijau.

Gerakan ini dianggap paling efektif mengingat musim hujan sudah habis. Gerakan ini mendapat dukungan dari para kepala desa dengan menyiapkan lahan untuk ditanami kacang hijau pada musim tanam (MT) kedua ini.

Kepala Desa Renrua, Erwin Bau, SH kepada Pos Kupang di Atambua, Minggu (14/5/2017) mengatakan, saat ini para petani desa itu sedang menyiapkan lahannya guna menyukseskan program bupati di musim tanam kedua.

"Gerakan sukses MT kedua sudah kami lakukan. Lahan untuk tanam kacang hijau dalam tahap persiapan," katanya.

Menurutnya, berdasarkan laporan dari para kepala dusun sudah mencapai Sembilan hektar lebih.

"Sampai hari ini, lahan yang disiapkan sudah 9,35 hektar. Itu berdasarkan laporan dari setiap kepala dusun. Tim dari desa akan terus memantau di lapangan," pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Belu, Willy Lay mengatakan, gerakan tanam jagung seluas 25 ribu hektar yang dijanjikan itu tidak bisa terlaksana di tahun 2016. Alasan tidak realisasi gerakan tanam jagung itu, lanjutnya, karena musim hujan sudah berakhir dan sehingga tidak cocok lagi ditanami jagung.

Sebagai gantinya, lanjut Bupati Willy, memasuki musim kedua ini, akan dilakukan penanaman kacang hijau di lahan-lahan yang sudah disiapkan dan cocok untuk pengembangan tanaman kacang hijau.

"Sebagai gantinya di musim kedua ini kita tanam kacang hijau. Laporan yang sudah masuk sekitar 700 hektar untuk seluruh Kabupaten Belu," ungkapnya.*

Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved