China Perhatikan WNI Muslim Presiden Jokowi Senang

saya sangat senang dan bahagia bahwa umat Muslim Indonesia yang berada di Tiongkok ini sangat didukung dan diberikan ruang yang sangat baik oleh Pemer

China Perhatikan WNI Muslim Presiden Jokowi Senang
Ihsanuddin
Presiden Jokowi memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/12/2016). 

POS KUPANG.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan merasa senang dan bahagia karena umat Warga Negara Indonesia (WNI), termasuk umat Muslim, di China diperhatikan dan diperlakukan secara baik oleh pemerintah setempat.

"Yang pertama saya sangat senang dan bahagia bahwa umat Muslim Indonesia yang berada di Tiongkok ini sangat didukung dan diberikan ruang yang sangat baik oleh Pemerintah Tiongkok," ujar Presiden setelah bertemu Presiden Asosiasi Muslim Republik Rakyat China (RRC) Yang Faming di Kompleks Masjid Niujie, Beijing, Minggu.

Dalam pertemuan tertutup itu, Presiden Jokowi merasa terkejut setelah mendapatkan informasi bahwa umat Islam yang ada di daratan Tiongkok tersebut mencapai angka 23 juta jiwa dengan jumlah masjid di Beijing ada 70 dan di seluruh daratan Tiongkok sebanyak 23.000.

"Terus terang saya baru tahu dan sangat kaget karena ini jumlah yang saya kira tidak sedikit," kata Presiden, yang mengenakan setelan jas lengkap dan berpeci hitam.

Relasi budaya Islam antara Indonesia dengan China, menurut Presiden, sudah berlangsung sejak abad ke-15.

Pada abad itu Muslim Tiongkok datang ke Indonesia untuk berdagang dan mereka mendarat di Jawa, seperti di Lasem, Jawa Tengah (Jateng) dan di Palembang, Sumatera Selatan, kata Presiden, setelah mendapatkan penjelasan dari Yang Faming dan Imam Masjid Niujie Ali Yang Gunjun.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi menyampaikan salam takzimnya kepada seluruh umat Islam yang ada di daratan Tiongkok.

"Tadi melalui Bapak Imam dan Bapak Ketua, saya sampaikan salam saya untuk umat Islam di Tiongkok," kata Presiden.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Kompleks Masjid Niujie sekira pukul 11.00 waktu setempat (10.00 WIB).

Begitu memasuki kompleks masjid yang dibangun pada 996 Masehi itu, Presiden Jokowi mengambil air wudhu untuk menunaikan shalat sunnah tahiyyatul masjid dua rakaat.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved