Wajibkan Pengunjung Komodo Masuk Dalam Asuransi

Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Labuan Bajo akan mewajibkan setiap pengunjung Taman Nasional Komodo (TNK) untuk dimasukan ke dalam asuransi.

Wajibkan Pengunjung Komodo Masuk Dalam Asuransi
Net
Komodo

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Labuan Bajo akan mewajibkan setiap pengunjung Taman Nasional Komodo (TNK) untuk dimasukan ke dalam asuransi dengan biaya dibebankan kepada setiap pengunjung. Pemberlakuan wajib asuransi dan besarnya bea penanggungan asuransi akan disampaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Kewajiban asuransi itu tertuang dalam surat edaran Nomor SE/305/BTNK-1/2017. Surat yang ditandatangani Kepala BTNK, Sudiyono, itu terdiri dari sembilan poin.

"Dalam rangka mengantisipasi biaya akibat adanya kecelakaan berwisata di dalam kawasan taman nasional, kami berencana akan mewajibkan setiap pengunjung untuk dimasukkan ke dalam asuransi dengan biaya dibebankan kepada setiap pengunjung," kata Sudiyono, dalam edaran tersebut yang diterima Pos Kupang, Senin (8/5/2017).

Ia juga menjelaskan tentang kerusakan terumbu karang di spot diving dan spot snorkeling serta meningkatnya jumlah sampah organik maupun anorganik, baik di daratan maupun di perairan.

Berkaitan kerusakan tersebut, BTNK meminta pihak terkait untuk bersama-sama menjaga keamanan kawasan dan kenyamanan pengunjung dengan mentaati kode etik dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. BTNK juga mengingatkan para pengunjung Pulau Padar agar berhati-hati karena di pulau tersebut juga ada komodo.

"Kami informasikan juga bahwa di Pulau Padar terdapat satwa Komodo (Varanus Komodoensis). Untuk menghindari serangan satwa tersebut dan satwa liar lainnya, kami imbau agar waspada dan berhati-hati," kata Sudiyono.

Sudiyono juga meminta para pengunjung wajib lapor diri ke petugas dan membeli tiket sebelum beraktivitas di dalam kawasan TNK agar terpantau keamanannya.

Para pengunjung agar didampingi petugas selama melakukan aktivitas wisata. Memberikan informasi yang lengkap dan benar tentang kondisi diri pengunjung, terutama bagi yang memiliki luka dan yang datang bulan bagi wanita agar mendapat perhatian khusus.

"Pengunjung wajib mengikuti dan mentaati semua aturan dan arahan petugas agar terhindar dari bahaya serangan satwa liar, terutama komodo. Para pemilik penginapan dalam kawasan TNK diminta mendata secara rinci biodata pengunjung dan menginformasikan ke petugas TNK," katanya.
Warga Labuan Bajo berharap agar rencana wajib asuransi harus dikaji secara baik.

"Sebagai warga biasa tentunya kami setuju-setuju saja. Tetapi harus dipertimbangkan, jangan sampai oleh pengunjung khususnya wisatawan asing menilai itu hal yang memberatkan mereka dan menilai berbelit-belit. Bila itu terjadi maka nama baik pariwisata kita tentu tidak baik juga," kata Amran. (ser)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved