Kabar Gembira! Kini 40 SPBU Bisa Sediakan Pertalite

Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tenau sudah mulai melayani BBM pertalite. Ditargetkan hingga akhir tahun 2017 akan ada 40 SPBU, dari 66 SPBU di NTT

Laporan Wartawan Pos Kupang,  Yeni Rachmawati

POS KUPANG. COM, KUPANG -- Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tenau sudah mulai melayani BBM pertalite. Ditargetkan hingga akhir tahun 2017 akan ada 40 SPBU, dari 66 SPBU di NTT yang akan menyediakan pertalite.

26 SPBU lainnya masih perlu untuk melakukan investasi penambahan tangki, karena tangkinya terbatas.

Namun semuanya tergantung pasar yang mengarahkan dan mengerahkan. Posisi terakhir untuk wilayah NTT ada 18 SPBU yang menyediakan pertalite.

Branch Marketing Manager Pertamina, Fanda Chrismianto, ketika menggelar Jumpa Pers di TBBM Tenau, Rabu (3/5/2017), menyampaikan pertalite mulai perdana sejak Jumat, 28 April 2017. TBBM tenau yang paling besar omsetnya di NTT.

Sesuai data untuk pasar gasoline, premium TBBM tenau menyalurkan 38 persen dari total NTT, diikuti TBBM Waingapu 12,62 persen, Reo 11,7 persen, Ende, 11,7 persen diikuti Atapupu, Maumere, Larantuka dan terakhir Kalabahi, sehingga totalnya ada delapan terminal BBM di NTT.

Fanda mengatakan sejak Oktober 2016 hingga April 2017 ada lima SPBU yang sudah menjual pertalite.

BBM yang memiliki keunggulan okta 90 tersebut disuplay dari TBBM Atapupu dengan waktu tempuh 8 sampai 9 jam. Karena jarak yang cukup jauh dan waktu tempuh yang lama, pertamina tidak berani menambah outlet baru untuk menyediakan pertalite di Kupang sejak.

Padahal, kata Fanda, mitra kerja/ pengusaha SPBU sudah lama ingin menjual produk pertalite, karena produk ini sudah cukup familiar di konsumen/ pengguna terutama di Jawa, Madura dan Bali, demikian juga di wilayah lain seperti Sumatera dan Kalimantan.

"Melihat potensi pasar yang cukup besar, apalagi Terminal BBM Tenau menyalurkan premium terbesar di wilayah NTT, ini berarti pasar atau potensi market dari pertalite paling besar adalah SPBU yang disuplay dari TBbM Tenau. Maka kita dorong agar pertalite juga tersedia di TBBM Tenau. Kita sudah coba petakan rencana pengembangan outlet SPBU yang menyediakan pertalite. Kita identifikasi sarvas atau tangki timbun yang dimiliki SPBU sehingga tidak perlu investasi penambahan tangki baru," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved