Valentino Rossi: Awal Lebih Baik Dibanding GP Qatar dan GP Argentina

Rossi menjelaskan bahwa sirkuit di Austin sangat berbeda dengan di Argentina, tetapi mereka tidak banyak mengubah setelan motor.

Valentino Rossi: Awal Lebih Baik Dibanding GP Qatar dan GP Argentina
(MOTOGP.COM)
Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi latihan bebas kedua GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Jumat (22/4/2017). 

POS KUPANG.COM, AUSTIN -- Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, menutup hari partama GP Americas, Jumat (21/4/2017), dengan berada di urutan keempat tercepat.

Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, menjawab pertanyaan wartawan pada konferensi pers jelang GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Kamis (6/4/2017).
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, menjawab pertanyaan wartawan pada konferensi pers jelang GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Kamis (6/4/2017). (MOTOGP.COM)

Hasil di Circuit of The Americas (COTA), Austin, ini merupakan yang terbaik dibanding saat turun pada hari pertama di dua seri sebelumnya, GP Qatar dan GP Argentina.

"Start yang lebih baik dibanding dua seri sebelumnya yang biasanya jadi bencana," kata Rossi setelah sesi latihan bebas kedua (free practice 2/FP2).

Dua pebalap MotoGP dari tim Yamaha, Valentino Rossi (kanan) dan Maverick Vinales, saling bersalaman seusai menghadiri peluncuran motor baru Yamaha di Madrid, Spanyol, Kamis (19/1/2017).
Dua pebalap MotoGP dari tim Yamaha, Valentino Rossi (kanan) dan Maverick Vinales, saling bersalaman seusai menghadiri peluncuran motor baru Yamaha di Madrid, Spanyol, Kamis (19/1/2017). (Dok. Yamaha MotoGP)

"Di Argentina, kami banyak melakukan modifikasi terkait keseimbangan motor dan sekarang saya merasa lebih baik. Buat saya, kami kini tahu sesuatu yang sangat penting," ujar dia menambahkan.

Rossi menjelaskan bahwa sirkuit di Austin sangat berbeda dengan di Argentina, tetapi mereka tidak banyak mengubah setelan motor.

Valentino Rossi dan penggemarnya di Bandara Labuan Bajo, Jumat (27/1/2017)
Valentino Rossi dan penggemarnya di Bandara Labuan Bajo, Jumat (27/1/2017) (Pos Kupang/Servan Mammilianus)

"Sejak pagi (FP1) saya sudah di 10 besar dan waktunya tidak terlalu jauh. Sepertinya kami masih bisa melakukan beberapa penyesuain, tetapi setting dasarnya sudah lebih kami pahami," ujar Rossi.

Dari hasil FP1 dan FP2, Rossi masih kalah cepat dari Marc Marquez ( Repsol Honda Team), Johann Zarco ( Monster Yamaha Tech3), dan Maverick Vinales ( Movistar Yamaha MotoGP).

Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi latihan bebas kedua GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Jumat (7/4/2017).(MOTOGP.COM)
Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi latihan bebas kedua GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Jumat (7/4/2017).(MOTOGP.COM) ()

Putaran terbaik Rossi dengan ban berkompon soft adalah 2 menit 4,806 detik. Dia kalah cepat 0,750 detik dari Marquez yang menjadi pebalap tercepat.

"Pada sore hari (FP2) saya mencatat putaran bagus dengan ban soft dan berada di urutan ke-4. Namun, untuk kecepatan, kami masih harus berusaha lagi," kata pebalap 38 tahun tersebut.

Pebalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi mengunggah foto liburannya di Taman Nasional Komodo, NTT.
Pebalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi mengunggah foto liburannya di Taman Nasional Komodo, NTT. (TWITTER/@VALEYELLOW46)

"Terutama untuk pengereman, saya masih mengalami kesulitan untuk berhenti. Namun, sudah pasti, jika dibandingkan dengan Qatar dan Argentina, ini awal yang lebih bagus," ujar dia.

Rossi akan kembali menguji motor pada sesi latihan bebas ketiga dan keempat, Sabtu (22/4/2017), yang akan dilanjutkan dengan sesi kualifikasi. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved