Hama Keong Turunkan Produksi Padi di Wewaria

Warga Desa Wewaria, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende mengeluhkan hama keong yang kerap kali menyerang tanaman padi mereka.

Hama Keong Turunkan Produksi Padi di Wewaria
ILUSTRASI
Hama Keong

POS KUPANG.COM, ENDE - Warga Desa Wewaria, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende mengeluhkan hama keong yang kerap kali menyerang tanaman padi mereka sehingga membuat tanaman padi milik warga rusak yang berujung menurunnya produksi padi bahkan hingga mengalami gagal panen.

Kanisius Ngasi, warga Desa Wewaria mengatakan hal itu kepada Pos Kupang saat ditemui di lahan sawah miliknya, pekan lalu.

Kanisius mengatakan, persoalan hama keong sudah menjadi masalah klasik yang dihadapi oleh warga karena hingga kini belum ada solusi permanen yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan hama keong.

Dia mengatakan, satu-satunya cara yang dilakukan warga untuk mengatasi hama keong adalah membangun petak atau pematang di sekeliling lahan sawah dengan harapan agar hama keong tidak masuk kedalam sawah. Namun, demikian cara tersebut tidak terlalu efektif karena terkadang ada telor atau anak keong yang terbawa air sehingga memenuhi lahan sawah yang pada akhinya berkembang biak menjadi keong dewasa sehingga memakan tanaman padi.

Kanisius berharap agar pemerintah bisa membantu warga dengan memberikan bantuan obat atau sejenisnya yang bisa menjadi solusi permanen guna mengatasi hama keong. Dengan demikian tanaman padi milik warga bisa kembali tumbuh normal yang berujung pada meningkatnya hasil produksi padi.

Kanisius mengatakan, hama keong memang menjadi musuh utama petani di Desa Wewaria karena hama tersebut belum bisa teratasi hingga kini. (rom)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved