Disapu Banjir Semalam, Ribuan Ikan dan Tanaman Musnah, Warga Menangis

Hujan lebat sepanjang malam Sabtu hingga Minggu pagi menimbulkan banjir dan memusnahkan ikan dan tanaman.

Disapu Banjir Semalam, Ribuan Ikan dan Tanaman Musnah, Warga Menangis
tribunkaltim/niko ruru
Warga menyelamatkan diri di atas atap rumah saat banjir merendam bangunan di Kecamatan Lumbis dan Kecamatan Lumbis Ogong, Sabtu (1/4/2017). 

POS KUPANG. COM, NUNUKAN - Warga Desa Nainsid, Desa Kalampising, Desa Sasibu, Desa Sedongon Kelompok Kalampising  di Kecamatan Lumbis, Kalimantan Utara, harus menanggung kerugian yang besar akibat banjir yang merendam selama semalam sejak Sabtu (1/4/2017) pagi hingga Minggu (2/4/2017) pagi.

Ketinggian air mencapai lebih 3 meter.  

Alson, warga Desa Nainsid mengatakan, setelah banjir surut pada Minggu pagi, warga harus meratapi nasibnya karena ikan budidaya maupun tanaman mereka musnah disapu banjir.

“Ikan budidaya kolam paling sedikit 2.000 ekor. Belum lagi tanaman sayuran diperkirakan sekitar 4 hektare. Seperti tanaman ubi singkong, cabai, kacang panjang,” ujarnya, melalui pesan WhatsApp.

Dia menyebutkan, akibat banjir tersebut masyarakat setempat sudah tidak lagi memiliki sumber pendapatan yang bisa diandalkan untuk bertahan hidup.

“Masyarakat di sini cuma mengandalkan berkebun tanaman dan budidaya ikan. Kalau sudah musnah begini, harus memulai merintis dari awal lagi,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, masyarakat masih memilih berdiam diri di rumah masing-masing. “Kami makan seadanya sambil menunggu kondisi banjir normal baru kerja lagi,” ujarnya.

Masyarakat setempat berharap, instansi terkait juga memberikan perhatian agar masyarakat bisa kembali bercocok tanam dan melakukan budidaya ikan kolam.

Untuk kepastian kerugian yang dialami masyarakat, perlu dilakukan pendataan.

“Agar bisa ditahu peralatan yang hanyut termasuk ternak warga yang mati dan kondisi rumah yang ambruk, yang tentunya segera dijadikan sasaran bantuan oleh pemerintah,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved