Jangan Lewatkan Kuliner Lezat Ini, Saat Anda Liburan ke Solo

JIKA berencana liburan ke Solo, berwisata kuliner adalah aktivitas wajib melancong ke kota di Jawa Tengah ini.

Jangan Lewatkan Kuliner Lezat Ini, Saat Anda Liburan ke Solo
Tribunsolo.com/Imam Saputro
Nasi liwet 

POS KUPANG.COM -- JIKA berencana liburan ke Solo, berwisata kuliner adalah aktivitas wajib melancong ke kota di Jawa Tengah ini. Berikut delapan kuliner khas Kota Solo yang patut dicicipi saat berkunjung ke Kota Solo seperti dikutip dari Hellosemarang.com:

Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan kuliner khas Kota Solo yang selalu diburu oleh para pencinta kuliner. Nasi Liwet terdiri dari nasi putih dengan rasa gurih dilengkapi dengan sayur labu siam, suwiran ayam, telur pindang, dan sedikit areh.

Nasi Liwet sangat mudah ditemui di restoran, warung makan, maupun tenda lesehan. Beberapa lokasi Nasi Liwet yang direkomendasikan antara lain adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo, kemudian Nasi Liwet Bu Sarmi di Jalan Kapten Mulyadi (Depan Benteng Vastenburg), dan yang terakhir adalah Nasi Liwet Yu Sani di Jalan Wonogiri-Solo, Solo Baru, Solo.

Tengkleng Solo

Tengkleng merupakan kuliner khas Kota Solo dengan bahan utama olahan daging, jeroan dan tulang kambing. Tengkleng sekilas menyerupai gulai, namun jika diperhatikan kuahnya lebih encer dan rasa lebih pedas karena ditambah potongan cabai. Kuah Tengkleng terdiri dari rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, cengkeh, serai dan kemiri.

Tengkleng Solo pun mudah ditemui di berbagai sudut kota, beberapa warung makan Tengkleng Solo yang direkomendasikan antara lain Tengkleng Bu Dyah terletak di Pasar Klewer, Solo, Tengkleng Pak Manto di Jl. Honggowongso No 39 Solo, dan Tengkleng Mbok Galak di Jl. Ki Mangun Sarkoro No 122 Solo.

Sate buntel di Warung Sate Mbok Galak disebut-sebut menjadi favorit presiden dari era Soeharto hingga Jokowi.
Sate Buntel

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini terbuat dari daging kambing yang dicincang kemudian dibuntel tipis menggunakan lemak kambing dan ditusuk.

Setelah itu dibakar dan dibubuhi kecap manis. Sate ini sangat empuk dan mudah untuk menyantapnya.

Halaman
123
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved