Ingin Tahu Emosi Orang Lain? Bacalah Lewat Sorot Matanya, Begini Caranya

Orang bilang, mata adalah jendela jiwa. Hal ini ternyata benar secara ilmu pengetahuan. Berdasarkan studi yang sudah dipublikasikan dalam Psychologica

Ingin Tahu Emosi Orang Lain? Bacalah Lewat Sorot Matanya, Begini Caranya
Net
Ilustrasi 

POS KUPANG.COM -- Orang bilang, mata adalah jendela jiwa. Hal ini ternyata benar secara ilmu pengetahuan. Berdasarkan studi yang sudah dipublikasikan dalam Psychological Science, kita benar-benar bisa melakukan komunikasi melalui mata. Tak hanya itu, kita juga bisa melihat kondisi emosi seseorang dari matanya.

Hasil penelitian ini dilihat dari 28 orang yang sudah melakukan 600 percobaan. Mereka diperlihatkan berbagai macam gambar mata yang menunjukkan ekspresi sedih, jijik, matah, senang, takut, dan kaget. Mereka lalu diminta untuk menduga emosi apa yang digambarkan oleh mata tersebut.

Berdasarkan jawaban mereka, peneliti kemudian menganalisis apakah ada pergerakan mata tertentu yang dipersepsi menjadi sebuah emosi. Beberapa gerakan mata yang diperhatikan adalah seberapa besar terbukanya mata, seberapa jauh jarak alis dari mata, kerutan di sekitar mata dan hidung, dan lain-lain.

Seperti yang sudah diduga, partisipan bisa mengetahui dan membedakan berbagai macam emosi yang ditunjukkan oleh sejumlah gerakan mata. Contohnya adalah mata yang mengernyit diasosiasikan sebagai kebencian, curiga, dan agresi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manusia bisa saja berkomunikasi tanpa berkata satu kata pun. Wajah kita bisa menghasilkan kombinasi ekspresi yang sangat banyak karena manusia memiliki otot-otot wajah yang begitu menakjubkan. Namun, hanya dari bagian mata saja ternyata kita sudah bisa menerka berbagai macam emosi.

Jadi, mulai sekarang berhati-hatilah dalam berkomunikasi menggunakan mata agar tidak disalahpahami. (iflscience.com/Intisari)

Editor: Alfred Dama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved