Maria Florentina Moi, Kepuasan Batin

Rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan publik tidak luput dari pengaduan masyarakat dalam hal pelayanan. Sebagai staf di RSUD Bajawa, Maria Florentin

Maria Florentina Moi, Kepuasan Batin
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Maria Florentina Moi 

POS KUPANG.COM -- Rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan publik tidak luput dari pengaduan masyarakat dalam hal pelayanan. Sebagai staf di RSUD Bajawa, Maria Florentina Moi memegang prinsip pelayanan sesuai prosedur tetap (protap).

Selain memegang teguh prosedur pelayanan, perawat perempuan kelahiran Bajawa, 30 Agustus 1983 ini harus mampu mengendalikan diri, terutama emosi. Sebagai pelayan masyarakat, perawat harus memberikan pelayanan prima dan tulus kepada pasien meski pasien marah-marah dengan petugas.

Feny, demikian ia disapa, mengatakan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama pasien, seorang perawat harus mengikuti protap.

Selain itu, sikap keramahan harus ditunjukkan saat melayani pasien. Bila pasien emosi dengan perawat karena sakit yang dideritanya maka perawat jangan membalas dengan nada emosi tetapi dibalas dengan senyum.

Sebab, kepuasan batin seorang perawat bukan saat membalas kemarahan dengan pasien tetapi saat pasien sudah sembuh.

"Jadi perawat itu menyenangkan karena bisa melayani orang lain. Kalau pasien sembuh ada kepuasan batin," kata Alumni SPK Lela, Sikka ini saat ditemui Pos Kupang di RSUD Bajawa, Jumat (17/3/2017).

Istri dari Stanislaus Soli Kesu ini, mengatakan, di moment HUT ke-43 PPNI, para perawat diajak untuk merefleksi seluruh perjalanan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Alumni Akper Poltekes Kupang ini, mengatakan, keluhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan selama ini bukan karena masalah kompetensi akademik perawat saat melaksanakan tugas tetapi pada sikap dan perilaku petugas kesehatan.

Feny menjadi PNS tahun 2006 setelah menjadi tenaga kontrak di RSUD Bajawa selama dua tahun sejak tahun 2004. Ia selalu memegang prinsip pelayanan RSUD Bajawa, yakni melayani dengan kasih. (jen)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved