Prof Fred Benu: Undana Kini Berorientasi Entrepreneurship University

Menjelang usianya yang ke-55, Universitas Nusa Cendana (Undana) berubah status dari Satuan Kerja (Satker) menjadi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Laya

Prof Fred Benu: Undana Kini Berorientasi Entrepreneurship University
POS KUPANG/ALFRED DAMA
Prof. Ir. Fred Benu, M.S, Ph.D 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Maksi Marho

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Menjelang usianya yang ke-55, Universitas Nusa Cendana (Undana) berubah status dari Satuan Kerja (Satker) menjadi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU).

Perubahan status ini diikuti perubahan orientasi dari sebelumnya sebagai Riset University, menjadi berorientasi Entrepreneurship University.

Demikian disampaikan Rektor Undana, Prof.Ir.Fredrik L.Benu, M.Si.,Ph.D di ruang kerjanya, Rabu (16/3/2017) siang. Hal ini, kata Prof Fred Benu, sesuai Surat Keputusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) Nomor 166/KMK.05/2017, tanggal 3 Maret 2017.

"Dengan berubah status menjadi BLU sesuai SK.Menkeu nomor 166/KMK.05/2017, maka Undana harus berlaku sebagai entrepreneurship university atau universitas yang memiliki kemampuan berinovasi untuk menciptakan berbagai peluang yang sifatnya produktif dan mendatangkan revenu nilai pendapatan guna kesejahteraan pelayanan yang berkualitas kepada stakeholdres," kata Prof Fred Benu.

Menurut Prof Fred Benu, Undana harus berani mengambil resiko dari perubahan pola satker ke PPK BLU, karena Undana memiliki potensi inovasi yang sangat besar.

Potensi ini harus dikembangkan sejalan dengan perubahan status tersebut.
Dikatakan Prof. Fred Benu, di Indonesia dikenal ada tiga status universitas yaitu Satker, PPK-BLU dan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Undana berupaya meingkatkan status menjadi BLU agar sejajar dengan universitas-universitas lainnya di Indonesia.

Dikatakan Prof Fred Benu, Undana telah lama berproses menuju PPK-BLU yakni sejak masa kemimpinan Prof. Frans Umbu Datta sebagai rektor.

Namun baru tahun 2017 pemerintah pusat mengizinkan Undana menjadi PPK-BLU melalui surat keputusan Kementerian Keuangan RI. Fari 14 universitas yang mengusulkan perubahan status dari Satker ke PPK-BLU, hanya dua yang diakui pemerintah yaitu Undana dan Unstrad Samratulangi.

"Itu artinya, Undana diberikan otonomi pendidikan tinggi, khsusnya dalam pengelolaan keuangan. Hanya saja, kemandirian itu harus digunakan secara bertanggung jawab," katanya.

Kini, kata Prof Fred Benu, Undana sedang dalam masa transisi. Satu hal yang perlu diperhatikan, perubahan status ini harus membuat Undana lebih optimal dalam memberikan pelayanan berkualitas.

"Apa yang dilaksanakan untuk menciptakan income yang lebih baik, semata-mata dipakai untuk pelayanan atau peningkatan pelayanan bagi mahasiswa sebagai anak didik," ujar Prof. Fred Benu.

Semua pimpinan maupun staf, baik dosen maupun pegawai dituntut menghasilkan pendapatan melalui Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Namun, disaat yang sama efektivitas dan efisiensi harus dilakukan dalam bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

"Kita semua dituntut agar mampu menghasilkan income melalui PNBP. Bukan berarti bahwa Undana menjadi kampus yang profit oriented, tetapi semata-mata untuk memberikan pelayanan kepada anak didik," tandasnya.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved