Kejari Ende Selamatkan Uang Negara Sebanyak Rp 2,5 Miliar

Uang tersebut merupakan hasil pengembalian tindak pidana korupsi yang ditangani Kejaksaan Negeri Ende pada tahun 2016.

Kejari Ende Selamatkan Uang Negara Sebanyak Rp 2,5 Miliar
Pos Kupang/Romualdus Pius
Kajari Ende, Muji Murtopo, SH 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Romualdus Pius

POS KUPANG.COM, ENDE - Kejaksaan Negeri Ende pada tahun 2016 lalu berhasil menyelamatkan keuangan negara sebanyak Rp 2.521.915.576.

Uang tersebut merupakan hasil pengembalian tindak pidana korupsi yang ditangani Kejaksaan Negeri Ende pada tahun 2016.

Kepala Kejaksaan Negeri Ende, Muji Murtopo mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Rabu (8/3/2017) di Ende ketika dikonfirmasi mengenai keuangan negara yang berhasil diselamatkan Kejaksaan Negeri Ende pada tahun 2016.

Kejari Muji mengatakan uang senilai Rp 2.521.915.576 merupakan uang pengganti dari perkara korupsi pembangunan jalan Ende-Aegela dan juga kasus swakelola di Dinas PU Kabupaten Ende.

Uang tersebut dikembalikan oleh para terdakwa pada saat proses persidangan di Pengadilan Tipikor Kupang maupun pada saat memasuki tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Kejaksaan Negeri Ende.

Kata dia, meskipun para terdakwa telah mengembalikan uang hasil tindak pidana korupsi namun hal tersebut tidak menghapus atau meniadakan hukuman bagi para terdakwa.
Hal tersebut sebagaimana diatur dalam pasal 4 UU No 31 Tahun 1999 yang berbunyi pengembalian keuangan negara tidak menghapus tindak pidana korupsi,ujar Kejari Muji.

Kejari Muji mengatakan bahwa uang hasil tindak pidana korupsi yang diamankan oleh Kejaksaan Negeri Ende semuanya telah dikembalikan ke kas negara karena ketentuannya mengatur demikian.

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved