VIDEO

VIDEO: Mario Balita Gizi Buruk Ingin Berjalan dan Bicara

Mario Karang (4,4) divonis sebagai satu dari 46 balita gizi buruk di Kota Kupang. Berat badannya terus melorot.

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Novemy Leo

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Mario Karang (4,4) divonis sebagai satu dari 46 balita gizi buruk di Kota Kupang. Berat badannya terus melorot. Bahkan, Mario juga diketahui bisu, tuli dan tak bisa berdiri seperti anak-anak lain seusianya.

Pos Kupang pada Jumat (24/2/2017) petang menyambangi rumah Mario yang terletak di Kampung Amanuban, RT 14/RW 03, Kelurahan Oebufu, Kota Kupang. Jarak rumah Mario dengan Kantor Walikota Kupang dan Dinas Kesehatan Kota Kupang diperkirakan hanya sejauh lima kilometer. Sedangkan dari Kantor Gubernur NTT tidak sampai satu kilometer.

Saat ditemui, Mario disandarkan ke tembol saat bermain bersama adiknya, Leonardus di ruang tengah rumahnya. Jika tidak disandarkan, Mario akan terjatuh. Katrina Ruing (31), ibu kandung Mario, duduk tak jauh dari Mario dan Leonardus untuk mengawasi kedua anaknya itu.

Mata kiri Mario terlihat tak bisa terbuka, sedangkan mata kanannya tak bisa terbuka penuh. Kedua kakinya sangat kecil, begitupun badannya. Sesekali dia tertawa, tetapi terkadang diikuti tangisan.

Menurut Katrina, saat lahir berat badan Mario normal, namun berangsur-angsur turun dratis hingga 'divonis' menderita gizi buruk. Kondisi itulah yang menyebabkan Mario terus mendapat pengawasan dan penanganan oleh kader Posyandu dan Puskesmas Oepoi.

Ketika berusia setahun lanjut Katrina, mereka baru mengetahui Mario tidak bisa bicara. Bahkan diagnosa dokter di Rumah Sakit Kota Kupang menyebutkan Mario tidak bisa berjalan karena tumpuan kaki tidak kuat.

"Dia sering ketawa saat bermain sendiri. Kalau dia menangis dikasih minum atau makan dan dia diam. Mario tidak bisa berdiri karena kata dokter, tumpuan kakinya tidak kuat. Mata Mario juga hanya bisa lihat sebelah," kata Katrina.

Ditanya makanan sehari-hari, Katrina menyebutkan, Mario makan nasi dan sayur. Namun tidak diketahui mengapa berat badan Mario tidak bertambah. Pada bulan Januari lalu, berat badan Mario sekitar 7 kg lebih.

Pada bulan Oktober 2017 mendatang, Mario berusia 5 tahun. Namun, kondisinya tidak berubah banyak. Selain itu, Mario juga tidak bisa mendapat bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa susu dan biskuit lagi. Sebab bantuan itu hanya diperuntukan bagi pasien gizi buruk yang berusia balita 0-5 tahun.

Halaman
12
Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved