Mantap! Polisi dan Warga Gotong-Royong Perbaiki Saluran Air ke Sawah di Perbatasan Timor Leste

Puluhan anggota Polsek Amfoang Timur - Polres Kupang di perbatasan RI - RDTL bersama warga setempat bergotong royong memperbaiki saluran air dari Sung

Mantap! Polisi dan Warga Gotong-Royong Perbaiki Saluran Air ke Sawah di Perbatasan Timor Leste
POS KUPANG/JULIANUS AKOIT
Tampak para anggota Polsek Amfoang Timur berbaur dengan warga Desa Netemnanu Utara dan Desa Netemnanu selatan, memperbaiki saluran air dari Sungai Noelelo ke areal persawahan setempat. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Julianus Akoit

POS KUPANG. COM, OELAMASI -- Puluhan anggota Polsek Amfoang Timur - Polres Kupang di perbatasan RI - RDTL bersama warga setempat bergotong royong memperbaiki saluran air dari Sungai Noelelo ke areal persawahan seluas ratusan hektar milik warga setempat.

"Semua anggota Polsek Amfoang Timur melakukan giat perpolisian masyarakat berupa kerja gotong royong memperbaiki saluran air dari Sungai Noelelo untuk mengalirkan air ke areal persawahan seluas ratusan hektar. Kegiatan sudah dimulai sejak Senin (13/2/2017) pagi," demikian siaran pers yang dikirim Kapolsek Amfoang Timur, Ipda Heri Victor Saputra, M.Si, Rabu (15/2/2017).

Warga yang dilibatkan berjumlah sekitar 500 orang berasal dari Desa Netemnanu Utara dan Desa Netemnanu Selatan.

"Kegiatan gotong royong ini terlaksana setelah kami berkoordinasi dengan Kades Netemnanu Utara, Wilfrid M. D. Kameo dan Kades Netemnanu Selatan, Jacob Sene. Ditambah berkoordinasi dengan dua tokoh adat setempat yaitu Bapak Thomas Oematan dan Bapak Thom Kameo," tulis Ipda Saputra.

Sebelum gotong royong perbaiki saluran irigasi, lanjut Ipda Saputra, didahului dengan upacara adat Onen Oel dan Onen Bok, yaitu doa bersama meminta kecukupan air dan dihindarkan dari penyakit atau hama tanaman padi.

Kegiatan giat perpolisian masyarakat itu, lanjut Ipda Saputra, juga diisi dengan penyuluhan tentang antisipasi menghindari bencana banjir dari Sungai Noelelo dan bagaimana upaya mengelola sumber daya air untuk kepentingan pengairan di sawah secara adil dan merata.

"Penyuluhan itu bertujuan untuk menghindarkan ancaman kemanan dan ketertiban akibat pembagian air di sawah yang tidak merata, adil dan tertib," tulis Ipda Saputra.

Kades Netemnanu Utara, Wilfrid Kameo, yang dihubungi lewat telepon genggamnya ke Oepoli, Rabu sore, membenarkan adanya kegiatan gotong royong memperbaiki saluran air dari Sungai Noelelo ke areal persawahan di Desa Netemnanu Utara dan Desa Netemnanu Selatan.

"Mewakili pemerintah desa dan warga di perbatasan RI -RDTL, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolsek Amfoang Timur dan anggotanya, yang telah membangkitkan semangat kebersamaan dan semangat gotong royong, memperbaiki saluran irigasi ke areal persawahan. Kami senang, polisi telah menjadi pengayom, pelindung dan motor penggerak pembangunan di wilayah perbatasan," jelas Kameo.*

Penulis: Julius Akoit
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved